Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Keuangan MV Agusta Diklaim Membaik

Kompas.com - 29/03/2017, 09:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Varese, KompasOtomotif – Setelah kabar laporan masalah keuangan serius melanda MV Agusta mengemuka tahun lalu, kali ini mereka resmi mengumumkan sudah memiliki arus kas (cash flow) positif. Ini menandakan kalau produk sepeda motor “cantik” khas Italia, bakal kembali menghiasi jagad otomotif dunia.

Mengutip Autoevolution, Senin (27/3/2017) selain kerjasama peningkatan modal yang dilakukan MV Agusta Holding dan grup investor Black Ocean, yang dikontrol oleh keluarga Sadarov dan pemodal Inggris Oliver Ripley, pabrikan motor asal Italia ini menambah unsur penting lainnya, untuk mengonsolidasi rencana.

Pada 15 Maret 2017, MV Agusta mendapatkan lampu hijau dari Pengadilan Varese untuk menjalankan rencana industri yang pernah diajukan. Pengajuan tersebut, dilakukan untuk membentuk kembali rencana strategis dan keuangan perusahaan, serta menjadi pemimpin di produksi sepeda motor super premium.

“Dalam 12 bulan terakhir, langkah-langkah yang diterapkan telah membawa MV Agusta bisa kembali ke arus kas positif. Ini memungkinkan perusahaan untuk mencapai target yang ditetapkan, dalam rencana dan secara konsisten mendukung pengembangan produk dan konsolidasi pasar utama kami,” ujar bos sekaligus pemilik MV Agusta Giovanni Castiglioni.

"MV Agusta memiliki lini produk yang sama sekali baru, dan lahir setelah kondisi berat selama lima tahun. Bersama dengan merek ikonik kami, produk tersebut bakal mewakili elemen kunci untuk mendukung pertumbuhan dan mengikuti permintaan klien kami," tutur Castiglioni.

Tahun lalu, MV Agusta dilanda masalah keuangan, karena harus membayar utang 40 juta euro atau setara Rp 578,5 miliar. Mercedes Benz yang memiliki 25 persen saham, berencana membantu, tapi ditolak Castiglioni, karena meminta untuk membeli semua saham MV Agusta, di mana hasil penjualan bisa digunakan untuk membayar hutang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com