Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taksi Terbang Siap Beraksi di Singapura

Kompas.com - 27/03/2017, 16:08 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Singapura, KompasOtomotif – Penduduk Singapura nampaknya bakal bisa menikmati pelayanan taksi terbang. Bukan khayalan, rencana ini sudah masuk dalam agenda Kementerian Transportasi Singapura.

Mengutip New York Post dari Singapore Business Times, Senin (26/3/2017), Menteri Transportasi bahkan sudah melakukan negoisasi dengan perusahaan teknologi, untuk mulai melakukan uji coba taksi “drone”, untuk mengambil penumpang dan mengantarkannnya.

Nantinya pengoperasian unit taksi ini seperti Uber, di mana pemesanannya menggunakan skema atau sistem e-hail. Jadi konsumen hanya perlu order taksi terbang dengan menggunakan ponsel pintar, kemudian unit taksi akan datang dan menjemput.

Taksi drone yang dipertimbangkan untuk di boyong ke Singapura adalah Hoversurf Scorpion, yang dibuat oleh startup Rusia, Volocopter VC200 dari perusahaan Jerman e-volo, dan model buatan China, Ehang 184.

Sebelumnya, Dubai juga sudah memperkenalkan Ehang 184 sebagai taksi terbang, yang akan beroperasi musim panas ini.

Pang Kin Keong, Sekertaris Tetap Kementerian Transportasi mengatakan, kalau Singapura akan mimiliki berbagai jenis moda angkutan umum sampai tahun 2030 nanti. Selain taksi terbang, juga akan ada bus otonomos, yang bisa mengubah rute, sesuai keingan penumpang.

“Pada 2030, transportasi udara juga akan menjadi sarana mobilitas perkotaan," ujar Pang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com