Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti ”Perang Sesungguhnya” Motor Sport 150 Cc

Kompas.com - 27/03/2017, 15:07 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

akarta, KompasOtomotif – Performa penjualan Honda All New CBR150R yang main sendirian dalam beberapa bulan terakhir seharusnya mendapat perlawanan mulai awal tahun ini. Namun dalam dua bulan pertama 2017, Yamaha dengan All New R15 dan Suzuki GSX-R150 masih belum bisa menerkam.

[Baca: Suzuki GSX-R150 Mulai Susul Yamaha R-15]

Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), PT Astra Honda Motor (AHM) masih stabil mengirimkan 7.513 unit pada Januari dan 7.470 unit selama Februari. Perolehan ini masih sama dengan pencapaian rata-rata tahun lalu dalam sebulan.

Yamaha masih belum berada di trek. Target awal 7.500 unit sebulan, masih dicapai 1.268 unit (Februari), dan 2.116 unit (Januari). Analisa awal, angka itu belum maksimal, mengingat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru menentukan harga jual yang tembus Rp 34,5 juta, bulan ini.

Distribusi pada dua bulan awal tahun ini diperkirakan masih sebatas memasok stok, sekaligus memenuhi konsumen antusias yang sudah memutuskan membeli R15 terbaru meski belum tahu harga.

Sementara itu, PT Suzuki Indomobil Sales R2 mulai memasok GSX-R150 lebih banyak bulan lalu ketimbang Januari. Tercatat, sudah 4.216 unit yang dikirimkan ke diler pada Februari, lebih banyak hampir tiga kali lipat dibandingkan Januari dengan pengiriman 1.552 unit.

Dari gambaran awal ini, pasar sepeda motor sport 150 cc bakal bertambah. Honda CBR150R tampak bergeming dengan distribusi yang stabil. Sementara dua merek lain, bakal terus menambah pasokan seiring dengan makin banyaknya permintaan.

Pasar dan persaingan di segmen 150 cc akan mulai terlihat, minimal bulan depan, ketika konsumen Yamaha yang menunggu harga pasti R15 mulai berani pesan. Sekaligus, konsumen Suzuki GSX-R150 yang mulai yakin dengan pilihannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com