Bus Ini Bisa Jalan di Darat dan Berenang di Air - Kompas.com

Bus Ini Bisa Jalan di Darat dan Berenang di Air

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 27/03/2017, 13:26 WIB
Carscoops Hafencity Riverbus di Hamburg, Jerman.

Hamburg, KompasOtomotif – Bukan hanya tank militer yang bisa berstatus amfibi, tapi kali ini bus pariwisata Hafencity Riverbus, di Hamburg, Jerman yang punya kemampuan serupa. Bukan hanya di darat atau di air, kendaraan amfibi bisa mengakomodasi dua kondisi alam tersebut.

Ini merupakan bus amfibi petama di Jerman, yang mulai beroperasi pada 2016 lalu di distrik Hafencity. Padahal proyek ini sudah direncanakan oleh sang pemilik, Fred Franken 18 tahun yang lalu, mengutip Carscoops September 2016 lalu.

Namun, karena peraturan yang ketat di negara Eropa, dan butuh beberapa waktu untuk bisa mendapat izin, terutama karena belum adanya hukum lalu lintas untuk bus amfibi, tapi semuanya akhirnya selesai dan sudah berjalan.

Bus amfibi yang baru viral saat ini di dunia maya tanah air, menggunakan sasis buatan produsen kendaraan komersial MAN Truck, yang memiliki dimensi panjang 12,07 meter, lebar 2,54 meter, dan tinggi 3,75 meter. Untuk satu bus, bisa menghabiskan biaya sampai jutaan euro atau Rp 14 miliaran.

 

Cocok buat wilayah yg sering Banjir. #teknologi #teknologicanggih #banjir #mobil #bus #wisata #teknologiterbaru

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jhony Jav (@jhony7av) pada Mar 25, 2017 pada 1:54 PDT

Sementara karoserinya  diproduksi oleh salah satu produsen asal Hungaria. Menarik jika Jakarta misalnya, memiliki armada bus pariwisata seperti ini, tentu saat sungai-sungainya sudah bersih dan bebas sampah.

Namun, pemeliharaan jadi salah satu tantangan terbesar untuk kendaraan tahan air ini, di mana seluruh staf harus memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik. "Ini merupakan sesuatu dengan tingkat pengetahuan teknis sangat tinggi,” ujar Mike Vannauer, Regional Sales Manager MAN Truck & Bus Deutschland.

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X