Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vespa “Jadul” Ini Seharga Sedan Mewah

Kompas.com - 25/03/2017, 10:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Reggio Emilia, KompasOtomotif - Vespa skuter mungkin adalah kendaraan roda yang paling dikenal kendaraan roda di muka bumi. Apalagi dengan bentuknya yang khas dan unik. Meski sudah berevolusi menjadi lebih modern, masih banyak saja yang lebih memilih tetap menggunakan model lawas.

Mungkin banyak dari model-model Vespa klasik yang dijual dengan banderol murah, tapi tidak untuk yang satu ini. Mengutip Autoevolution, Jumat (24/3/2017), Vespa Seri “0” yang diproduksi pada 1946 ini dibanderol sampai 200.000 euro atau Rp 2,8 miliar.

Vespa ini bisa dibilang yang paling tua, karena merupakan model paling awal. Seperti dijelaskan pada situs lelang, nomer rangka yang tertera, yaitu 1003, merupakan jenis frame Vespa tertua ketiga saat ini yang masih hidup, sementara nomor 1001 dan 1002 sudah tidak ditemukan lagi.

Autoevolution Vespa tertua di dunia.

Sementara "Seri 0 ", menandakan kalau kendaraan asal Italia ini diproduksi pada gelombang pertama dan hanya dibuat sebanyak 60 unit. Vespa yang dimaksud di sini adalah hampir dibangun seluruhnya dengan tangan.

Pemilik menyebutkan, kalau unit Vespa in sudah mendapat sentuhan restorasi, di mana tampak pada beberapa bagian terlihat baru. Namun, siapa pun yang melakukan pekerjaan restorasi ini, tetap membuatnya spesial, mengingat asal usul dari Vespa itu sendiri.

Skuter tua ini memiliki mesin satu silinder 98 cc 2-stroke dengan pendinginan udara, dan dikawinkan dengan transmisi 3-percepatan, yang dioperasikan melalui setang. Juru lelang mengatakan, harga juga masih akan terus bertambah, seiring dengan penawaran.

Autoevolution Vespa tertua di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com