Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beban Mitsubishi Indonesia Sukseskan “Small MPV”

Kompas.com - 25/03/2017, 09:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif –PTMItsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memulai petualangannya bersaing menjadi distributor kendaraan penumpang Mitsubishi mulai April 2017. Salah satu model andalannya, dijuluki New Small MPV, produk baru yang sudah dikenal dengan model XM Concept, sejak 2016.

Membuka lembaran baru, MMKSI otomatis bakal punya tambahan beban baru, menyukseskan New Small MPV bersaing di segmen "MPV sejuta umat", tempat berkumpulnya Avanza-Xenia dan kawan-kawannya. Sepasang produk yang sudah melekat kuat di benak konsumen, terbukti, dan berdaya saing tinggi. Belum lagi ada Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga dengan segala kelebihan yang ditawarkan.

Lewat model baru ini, Mitsubishi juga mulai memberanikan diri keluar dari zona nyaman (segmen niaga/truk), dan masuk ke arena “panas” segmen Low MPV.

Saat ditanyakan mengenai rencana lain Mitsubishi terkait model-modelnya di segmen lain, Imam Choeru Cahya, Head of MMC Sales and Marketing Group KTB, masih belum mau membahasnya. Mereka masih terfokus untuk menyukseskan Small MPV barunya, dan mencapai target.

“Saat ini kami masih fokus untuk menyukseskan Small MPV di Indonesia, karena kami sudah berinvestasi besar di sini, sampai 600 juta dolar atau Rp 7,9 triliun, dan bagaimana kami mempertanggung jawabkan ini, dan bagaimana kalau ini tidak sukses?,” ujar Imam, Kamis (23/3/2017).

Baca juga : Mitsubishi Tetapkan Target “MPV Sejuta Umat”

Imam melanjutkan, walaupun secara keseluruhan menurun, tapi segmen pasarnya masih besar. Model ini nantinya bukan hanya diharapkan bisa mengambil pasar dari para rival, tapi juga di segmen lain, seperti low SUV seperti Honda BR-V.

“Kalau diturunin ke pasar lawannya Ertiga, Mobilio dan Avanza dan harapannya bukan hanya memakan pasar segmen itu, tapi bisa meng-grab segmen lain, dengan diferensiasi bahwa produk kami perpaduan antara SUV dan MPV, dengan ground clearance yang cukup tinggi,” tutur Imam.

“Terus terang, harapan kami bisa mengambil 20 persen dari segmen MPV,” ujar Imam, saat ditanyakan mengenai target di tahun pertama dan kedua kemunculan Small MPV-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com