Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Indonesia Dipimpin Presdir Baru dari Mitsubishi

Kompas.com - 24/03/2017, 15:14 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Produsen otomotif terbesar kedua Jepang, Nissan, mengumumkan telah menunjuk Presiden Direktur baru PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Eiichi Koito, yang akan menggantikan Antonio Zara, tertanggal 1 April 2017.

Penugasan Antonio Zara atau biasa disapa Toti, hanya satu tahun sejak pertama kali resmi menjabat NMI sejak 1 April 2016 lalu. Pria asal Filipina ini, ditugaskan di tempat lain menjadi Senior Vice President, Transformation Project di Nissan Asia & Oceania.

Koito didatangkan ke Nissan dari Mitsubishi, di mana dirinya pernah menjabat sebagai pimpinan di PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB/Mitsubishi Indonesia) sebagai Operating Marketing Director, yang masa jabatannya habis di 2011 lalu.

Di NMI, Koito akan bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi bisnis, guna mengoptimalkan kinerja Nissan, termasuk mengelola pengenalan produk, dan secara signifikan meningkatkan kehadiran dan aksesibilitas merek Nissan dan Datsun.

Targetnya, untuk menjadi pemain utama sektor otomotif di Indonesia. Lebih dari itu Koito juga akan bertanggung jawab untuk menangani pabrik di Indonesia. 

“Eiichi Koito memiliki catatan konsistensi kinerja yang baik, serta pengalaman luas dalam industri otomotif dan di Mitsubishi. Pengalamannya menangani pasar Indonesia pada tugasnya terdahulu, akan sangat menguntungkan,” ujar Yutaka Sanada, Regional Senior Vice President & Head of Operations Committee Nissan Asia & Oceania, dalam siaran resminya, Jumat (24/3/2017).

Eiichi Koito bergabung di Mitsubishi Corporation pada tahun 1994 dan pernah bekerja di sejumlah posisi kunci, termasuk perencanaan produk, penjualan dan pemasaran. Ia diperbantukan ke Mitsubishi Motors di 2014, dan saat ini menjabat sebagai General Manager, Global After Sales Division, Global After Sales Planning Department dikantor pusat Mitsubishi Motors.

Penugasan baru ini, selain karena berpengalamannya di Indonesia, bisa jadi juga agar komunkasi antra Nissan dan Mitsubishi di Indonesia bisa mudah terjalin baik, dan tujuan aliansi bisa efektif berjalan, sehingga membuahkan keuntungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com