Fleksibilitas Jok Belakang Toyota All New Innova - Kompas.com

Fleksibilitas Jok Belakang Toyota All New Innova

Donny Apriliananda
Kompas.com - 22/03/2017, 14:58 WIB
KompasOtomotif-Donny Apriliananda All New Innova dengan bodi yang membengkak demi kenyamanan penumpang.

Jakarta, KompasOtomotif – Tak salah rasanya jika PT Toyota Astra Motor (TAM) menyematkan label mobil keluarga sejati untuk Innova. Pada model terbaru, fleksibilitas dan kenyamanannya makin mumpuni, bahkan bisa diisi enam orang hanya untuk dua baris belakang, ditambah poin plus-plus lainnya.

KompasOtomotif mengencani All New Innova tipe V M/T beberapa hari, belum lama ini, mengajaknya jalan ke luar kota. Rute Jakarta-Sukabumi pun dilahap, sembari menguji seberapa fleksibel dan nyaman jadi penumpang di baris tengah dan belakang, plus bawa banyak barang dengan tujuh orang.

Secara dimensi, generasi baru ini memang jauh lebih besar. Ukuran tepatnya, panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.795 mm. Artinya seluruh bodi memengkak dengan panjang yang bertambah 150 mm, lebar meningkat 55 mm, dan tinggi naik 45 mm.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Jok baris kedua, ada meja lipat.
Terbayang sudah, bagaimana Innova mengakomodasi ruang untuk penumpangnya. Bahkan kalau mau, jok paling belakang yang biasanya cuma muat dua orang, bisa dipaksakan untuk tiga orang, meski harus yang berbadan kurus, atau anak kecil. Buktinya, TAM menyiapkan sandaran kepala tambahan di tengah.

Cup holder tersedia pada masing-masing baris. Mulai pintu tengah, antara lipatan jok tengah, sampai bagian bodi belakang untuk penumpang di deret ketiga. Ada meja lipat yang menempel pada jok depan bagian belakang, untuk kenyamanan penumpang di jok baris kedua.

Jangan lupa, ada ”colokan” alias power outlet untuk mengisi ulang baterai gadget, muncul pada konsol tengah bagian belakang. Nuansa jok cukup unik, Toyota menghadirkan kesan kulit harimau, material lembut dengan busa yang empuk.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Konfigurasi pelipatan jok yang sangat fleksibel.
Fleksibilitas jok
Duduk di belakang, tak perlu memajukan jok deret tengah, karena leg room sudah ”aman”. Itu pun, masih ada ruang cukup besar untuk bagasi. Bicara soal kapasitas muat barang, jok bisa dilipat-lipat sesuai selera, andai tak banyak bawa orang.

Baris ketiga bisa dilipat dan diangkat/ digantung, lalu baris kedua dilipat sampai mepet ke jok depan. Kalau ingin lebih fleksibel lagi, baris ketiga bisa dilipat 50:50, dan baris kedua dilipat 60:40, bergantung jenis barang yang akan dibawa.

Posisi duduk penumpang di jok baris ketiga juga tak gampang bikin capek. Tinggi bagian bawah jok di cukup rasional untuk menggantungkan kaki lebih baik, meski tak sebaik baris kedua, apalagi deretan depan. Namun secara keseluruhan, tak perlu diragukan soal fleksibilitas dan kenyamanannya, yang buat KompasOtomotif, termasuk salah satu yang menjadi juara.

PenulisDonny Apriliananda
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM