Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CBR250RR ”Jalani Tugas” Sebagai Motor Balap

Kompas.com - 21/03/2017, 17:17 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Osaka, KompasOtomotif – Honda Racing Corporation (HRC) memperkenalkan CBR250RR yang akan mengemban tugas baru sebagai motor balap. Mereka memberi label Race Base Version (RBS), dan sudah dipajang dalam ajang Osaka Motorcycle Show, 18-20 Maret 2017.

HRC menyadari bahwa CBR250RR lahir dengan darah balap yang kental. Berbagai teknologi dari MotoGP disematkan pada motor sport bermesin 250 cc 2-silinder itu. Wajar jika angan-angan membawanya ke lintasan mulai mencuat.

Dari tampangnya, CBR250RR RBS sudah ”racing banget”. Tidak ada lagi lampu utama, lampu sein, kaca spion, bahkan jok bagian belakang digantikan buritan khas yang disebut single seater. Knalpot lubang ganda diganti lebih simpel. Ubahan-ubahan itu mereduksi bobot yang cukup signifikan.

Livery menggunakan warna khas HRC, kombinasi antara putih dengan aksen merah dan biru. Berbagai aksesori balap juga tampak muncul di sana, termasuk pijakan kaki dan ban yang menggunakan spesifikasi khusus.

Anehnya, suspensi masih menggunakan versi standar produksi massal (non adjustable-upside down) di depan. Tapi tentu saja, ini hanya konsep, yang sudah pasti jika nanti diwujudkan, bakal banyak perubahan.

HRC menyatakan bahwa mesin standar, cuma ada setelan ulang pada ECU yang membuat kecepatan maksimal (top speed) tak dikekang oleh pembatas (speed limiter). Konon, kecepatan maksimal motor ini bisa menyentuk 180 kpj!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com