Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

812 Superfast, Ferrari Terkuat yang Pernah Diproduksi

Kompas.com - 21/03/2017, 16:23 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Ferrari

Maranello, KompasOtomotifFerrari memulai perayaan 70 tahunnya dengan menampilkan mobil terkuat yang pernah diproduksi, 812 Superfast 800-cv. Inilah produk unggulan V12 Berlinetta yang meluncur pada hari yang penting dalam sejarah.

V12 sudah menjadi warisan luhur Ferrari, dan merupakan akar dari berdirinya perusahaan sejak 70 tahun silam. Sampai hari ini, Ferrari masih menjadi satu-satunya produsen yang terus menghasilkan sportscar dengan mesin 12-silinder.

Buat menjadi yang tercepat, mobil ini didukung mesin V12 6.500 cc terbaru. Jantung itu terletak di depan, dengan kemampuan daya maksimum 789 tk @8.500rpm, menjamin rasa mendebarkan dari mesin V12. Torsi puncak 718 NM dicapai pada 7.000 rpm.

Ferrari mengklaim, 80 persen torsi sudah tersedia pada 3.500 rpm, yang meningkatkan kemampuan berkendara dan melesatkan sejak putaran rendah.

812 Superfast terlihat mencolok dengan desain inovatif dengan aero package-nya. Model ini menjadi Ferrari pertama yang memperkenalkan Electric Power Steering (EPS). Pengenalan sistem Virtual Short Wheelbase 2.0 (PCV) menggabungkan bantuan sistem elektrik kemudi roda depan dengan konsep mekanik berlandaskan pada dimensi roda dan sistem kemudi roda belakang.

Ferrari Bagian belakang Ferrari 821 Superfast.
Semua terintegrasi dengan sistem kontrol kendaraan, bersumber pada SSC versi 5.0, dengan tujuan meningkatkan kelincahan dan waktu respons kemudi.

Dua contoh 812 Superfast ditampilkan dalam Geneva Motor Show 2017 lalu, memiliki karakteristik warna baru untuk perayaan 70 tahun, yakni Rosso 70 Anni (merah) dan Grigio Caldo Opaco (abu-abu tua).

Selain itu, ada contoh lain dari corak eksklusif Ferrari yang dikembangkan dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-70, salah satu persembahan dari 70 Tailor Made yang terinspirasi oleh mobil-mobil ikonik yang ada dalam sejarah Ferrari, tersedia dalam masing-masing kisaran lima model.

488 GTB dipamerkan dalam balutan warna Rosso Corsa (merah) dengan Blu Laguna (biru) dan Giallo Modena (kuning) yang terinspirasi dari 290 MM, dikendarai oleh Juan Manuel Fangio pada 1956 di Mille Miglia.

Tampaknya, PT Citra Langgeng Otomotif sebagai distributor resmi Ferrari di Indonesia siap menghadirkan line up baru perayaan 70 tahun Ferarri ini. Minat?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ferrari
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com