Sensasi Tenaga Brutal MV Agusta Brutale 800 - Kompas.com

Sensasi Tenaga Brutal MV Agusta Brutale 800

Kompas.com - 18/03/2017, 09:42 WIB
Otomania/Setyo Adi MV Brutale 800 2017


Jakarta, KompasOtomotif
– PT Motor Varese Indonesia (MVI), pemegang merek motor MV Agusta di Indonesia, baru saja meluncurkan model andalan, Brutale 800. Moge berkarakter streetfighter ini hadir dengan beberapa perubahan dibanding model terdahulu yang merupakan hasil pengembangan selama 15 tahun sejak pertama kali dikenalkan di awal tahun 2000-an.

Meski sempat terdengar isu gulung tikar (prinsipal), peluncuran model baru MV Agusta ini sekaligus upaya MVI menampik kabar tersebut. Brutale 800 merupakan model terlaris merek asal Italia ini di dunia, sehingga kata pihak MVI, wajib segera dipasarkan di Indonesia.

Pihak MVI lantas mengajak para jurnalis untuk langsung merasakan sensasi Brutale 800 di Sirkuit Sentul, Bogor, Februari lalu.

Istimewa MV Brutale 800 2017

Paras Cantik

Desain cantik khas Italia, memang membuat Brutale jadi pemandangan indah penggemar moge. Memandang Brutale 800 di pagi hari sambil duduk santai bisa jadi ritual tersendiri buat si pemilik sebelum beraktivitas sehari-hari.

Meski punya nama seram, penampilan Brutale 800 justru punya paras cantik. Lampu utama berbentuk elips dengan LED menjadi ubahan terbaru motor produksi 2017 ini. Desain ini nampak semakin kekar dengan penggunaan suspensi upside down Marzocchi 43 mm dan ban ukuran 17 inci dengan pelek aluminium.

Desain tangki trapezoid dengan kapasitan 16,5 liter menjadi sorotan utama. Bentuk tangki ini menarik diperhatikan dari berbagai sisi, dengan sayap untuk lubang udara di bagian depan memastikan suplai angin pendingin mesin tetap terjaga.

Dari samping, desain Brutale 800 lebih kekar. Frame tubular dengan bahan ALS membuat Brutale seperti siap menyerang. Knalpot desain tiga pipa yang menjadi ciri khas motor ini nampak melengkapi aura desain Italia yang nampak bergerak meski dalam keadaan diam.

Istimewa MV Brutale 800 2017

Kebut di Sentul

Setelah puas memandangi desain Brutale 800 dari dekat, kini giliran mengetes kemampuannya di lintasan balap Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Berbekal mesin baru, 798 cc tiga silinder DOHC, dengan rasio kompresi 12,3: 1, moge ini menawarkan sensasi tenaga di atas kertas mencapai 109 dk dan torsi 83 Nm.

Tanpa berlama-lama, kesempatan dua lap mengelilingi Sentul dimanfaatkan dengan maksimal. Pertama kali memutar tuas gas Brutale 800, lonjakan tenaga cukup besar dirasakan pada putaran bawah, sekitar 7.000 rpm. Selepas keluar tikungan, tenaga selalu terisi dengan melimpah baik di putaran bawah maupun atas.

Ini membuat Brutale 800 bisa masuk dan keluar tikungan lebih cepat. Untuk mencapai kecepatan 150 kilometer per jam menjadi hal yang mudah dilakukan mesin ini dengan cepat.

Apalagi, Brutale 800 juga dibekali sistem transmisi hidrolik dengan teknologi quick shift terbaru MV EAS 2.0. Sistem ini membuat penggantian gigi lebih mudah, baik ke gigi atas maupun bawah, tanpa perlu menekan tuas kopling. Fitur ini membuat sensasi balap ala MotoGP jadi terasa, apalagi kalau berkendara jauh, tangan kiri bisa istirahat.

Karena waktu terbatas, upaya melibat sirkuit coba dilakukan. Akhirnya, kecepatan maksimum yang berhasil diperoleh saat lintasan lurus, tembus 200 kpj. Di atas kertas, klaim MV Agusta, Brutale 800 mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 237 kpj.

Istimewa MV Brutale 800 2017

Teknologi

Teknologi andalan lain yang juga ada pada Brutale 800, adalah Motor & Vehicle Integrated Control System (MVICS) serta electronic control management (ECM) Eldor E.M 2.0. Sistem ini menawarkan tiga mode berkendara yakni Touring, Sport dan Rain. Mode sport menjadi pilihan saat di lintasan balap dengan menghadirkan delapan level traction control yang dapat dipilih pengendara.

Selama berada di lintasan, mode Sport yang digunakan mampu mengeluarkan potensi tenaga Brutale 800. Sayangnya, Otomania tidak sempat merasakan mode lain karena hanya diberi kesempatan selama dua putaran.

Bicara performa sistem pengereman menjadi perhatian pada Brutale 800 terbaru. Cakram kembar di depan dengan diameter 320 mm serta cakram belakang ukuran 220 mm berpadu dengan kaliper Brembo. Performa pengeremannya terhitung cukup baik untuk memperlambat laju motor ini guna memasuki tikungan.

Motor yang dibanderol Rp 530 juta ini bisa menjadi pilihan penggemar moge terutama yang menggemari produk non Jepang. Meski banderol harga terbilang tinggi untuk ukuran motor 798 cc namun penggemar motor mendapatkan prestise yang tidak dimiliki motor Jepang.

Simak video aksi di Sentul bersama Brutale 800 berikut:

EditorAgung Kurniawan
SumberOtomania.com,
Komentar

Close Ads X