Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Ekslusif

Simak Bocoran Baru dari Varian Ayla-Agya 1.2 L

Kompas.com - 18/03/2017, 07:23 WIB


Jakarta, KompasOtomotif
– PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tengah menyiapkan varian baru buat mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LGCG) pertamanya, Alya dan (Toyota) Agya. Produk kembar tetapi beda segmen ini bakal tersedia dalam opsi baru, mesin 3NR-VE 1.2-liter DOHC Dual VVT-i, empat silinder segaris.

Mesin ini juga digunakan pada produk duet lanjutan, yakni Daihatsu Sigra dan Toyota Calya, yang dikembangkan menggunakan platform sama. Sudirman Maman Rusdi, Presiden Direktur ADM sudah mengatakan, persiapan produk tengah dilakukan. Rencana produksi massal juga sudah tinggal menghitung hari di pabrik ADM di Karawang, Jawa Barat.

Baca: Ayla-Agya 1.2L Meluncur, Varian 1.0L Selamat

Dari informasi yang diperoleh KompasOtomotif, selain mendapatkan mesin baru berkapasitas lebih besar, varian baru Alya-Agya juga akan mengalami ubahan desain. Ubahannya tidak akan terlalu banyak, tetapi lumayan akan mengubah tampilan kedua mobil murah buatan Daihatsu itu jadi lebih segar.

“Akan ada LED untuk lampu kabut dan semua model sudah akan dilengkapi fitur ABS (anti-lock braking system),” kata sumber yang mengetahui rencana ini, kepada KompasOtomotif, belum lama ini. Ubahan fisik, kata sumber, juga akan terjadi buat duet Ayla-Agya bermesin 1.0 L.

Stanly/Otomania Stok Ayla mulai menipis

Fitur baru lain yang akan ditawarkan, adalah tombol pengatur audio pada lingkar kemudi  pada Ayla-Agya 1.2 liter. Beberapa kelengkapan baru ini dianggap mampu meningkatkan ekspektasi konsumen, para pembeli mobil pertama yang menjadi sasaran utama.

Harga

Bicara soal harga, saat ini, Daihatsu Ayla varian termahal adalah tipe M Sporty A/T MI dengan banderol Rp 131,55 juta. Sedangkan Toyota Agya varian tertinggi, adalah TRD S A/T dengan harga Rp 139, 61 juta. Kedua harga sudah termasuk pajak alias on the road Jakarta.

Dari segi segmen pasar, varian baru Ayla-Agya ini akan mengisi ceruk di antara varian 1.0 liter dan sang adik “kembar”, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Jadi jangan kaget kalau estimasi harga dimulai dari Rp 140 jutaan.

Jika tidak ada perubahan, rencananya kedua model bakal meluncur bersamaan, tetapi secara terpisah-baik Daihatsu atau Toyota-pada pekan pertama April 2017. Kita nantikan bersama!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com