Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Sebut Pasar Sedan 2017 “Flat”

Kompas.com - 18/03/2017, 07:03 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain meluncurkan Odyssey, Honda Prospect Motor (HPM) juga segarkan mobil sedan mini New City, di Jakarta, Kamis (16/3/2017). Terakhir, model ini mendapat pembaruan pada 2014 lalu.

Sedan termurah Honda di Indonesia ini dipatok target 1.100 hingga akhir tahun calendar year 2017. Padahal di tahun lalu, dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pencapaiannya satu tahun penuh sampai 1.213 unit.

“Ini karena tahun lalu kan hampir setahun jualannya, sementara tahun ini baru mulai di Maret, berarti hanya sembilan bulan. Kami prediksi tidak akan tumbuh tinggi, bahkan flat aja,” ujar Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director HPM, Kamis (16/3/2017).

Ghulam/KompasOtomotif Penjualan sedan Honda 2016, dari data Gaikindo.
Untuk Honda sendiri, komposisi penjualannya, antara segmen mini, small, dan medium, dikatakan Jonfis tidak menentu. Walaupun memang diakui, kalau posisi harga lebih murah yang umumnya diminati konsumen.

“Berganti terus, tapi kebanyakan yang lebih murah yang lebih banyaklah jualnya, bahkan selain City dan Civic, Accord juga pernah jualan banyak tapi sudah lama. Jadi tergantung, karena kan konsumennya itu-itu saja,” ujar Jonfis.

Dari data wholesales Gaikindo 2016, Honda City berhasil mencapai angka penjualan 1.213 unit, sementara untuk di segmen small sedan,  Civic, menyumbang 1.681 unit. Kemudian untuk Honda Accord, sebanyak 541 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com