Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Bertahan dengan Sisa Gerai ”Peninggalan” MMI

Kompas.com - 16/03/2017, 13:07 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Mazda Motor Indonesia (MMI) pergi meninggalkan sejumlah ”aset”, termasuk diler-diler milik para investor dan selama ini berada di bawah kendali. Ketika urusan bisnis berpindah ke tangan PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), fokusnya kini berubah.

Menurut Ricky Thio, Sales, Marketing & Public Relations Director EMI, (14/3/2017), fokus Mazda Indonesia di bawah kendali EMI untuk sementara bukan menambah jaringan, namun memperkuat eksistensi dengan diler yang ada.

”Kami kan baru pindah, saat ini kami coba memperkuat yang ada dulu. Kami maksimalkan dan mengembangkan potensinya. Saat ini ada 43 gerai (Mazda) di Indonesia,” kata Ricky.

Menyusut?
Jika melihat jumlah yang disebut EMI, berarti diler Mazda di Indonesia sudah menyusut. Terakhir MMI meresmikan diler pada Juli 2016 silam, ketika Mazda Puri, Jakarta Barat, mulai beroperasi. Saat itu, jumlah diler disebut mencapai 46 titik di seluruh Indonesia.

Mazda Puri juga merupakan diler ke-21 di area Jabodetabek. Setelahnya, MMI juga meresmikan bengkel bodi dan cat di Mazda Cibubur. Menyusut atau tidak, dampak dari mundurnya MMI sempat bikin shock banyak pihak.

Tak hanya investor yang sudah kadung bikin diler, tetapi juga para pemain mobil bekas. Namun komitmen EMI diharapkan mampu membuat langkah gontai Mazda kembali normal di masa mendatang. Jumlah diler di atas 40 titik dianggap cukup baik untuk mengembangkan bisnis.

”Kami belum punya rencana menambah diler lagi untuk saat ini. Tapi itu sudah pasti bakal menjadi agenda selanjutnya. Saat ini fokus menghadirkan layanan terbaik untuk konsumen, lewat layanan servis dan produk yang makin baik,” ujar Ricky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com