Kamis, 23 Maret 2017

Otomotif

Cara Federal Bersaing di Pasar Pelumas

Stanly/KompasOtomotif FOC Federal Oil di Denpasar

Seminyak, KompasOtomotif - Menyikapi persaingan pelumas aftermarket yang makin ketat, PT Federal Karyatama (FKT) tahun ini berupaya untuk memperkuat lini jaringan mitranya. Melalui dua bengkel binaan, yakni Super Federal Oil Center (SFOC) dan Federal Oil Center (FOC), FKT berupaya meningkatkan mutu pelayanan.

Perbedaan antara SFOC dan FOC sendiri sebenarnya bisa dilihat dari skala bengkelnya. Untuk FOC lebih kecil, sedangkan untuk SFOC memiliki lahan yang lebih besar dengan fasilitas servis bengkel yang lebih lengkap.

Direktur Marketing dan Sales FKT Herry Hambali, mejelaskan bahwa selain akan menambah jumlah jaringan mitra bisnis, yang menjadi fokus utama adalah standarisasi kualitas pelayanan.

"Total kita punya 3.000 outlet, yang SFOC sendiri ada 500-an. Tahun ini akan kami tambah lagi 50 SFOC, tapi penekanannya sendiri lebih ke arah kualitas dibandingkan kuantitas. Kita ingin ada penyeragaman standarisasi mekanik dan pelayanan," ucap Herry kepada media di Denpasar, Bali, Rabu (15/3/2017).

Menurut Herry, konsentrasi FKT dalam masalah kualitas dibagi dalam empat aspek, yakni produk, komunikasi, servis, dan outlet. Sebagai langkah awal meningkatkan kualitas ditempuh melalui program Federal Akademi yang memuat banyak hal, baik dalam hal mekanik sampai pengetahuan lebih mengenai pelumas.

Stanly/Otomania Mekanik Federal di Denpasar, Bali.

"Kami ingin para mekanik yang jadi ujung tombak juga bisa menyampaikan pesan atau informasi mengenai produk, selama ini pengetahuan mengenai pelumas sendiri masih minim. Jadi kita tidak ekspansif, tapi lebih menguatkan apa yang sudah ada, ke depan nanti setiap outlet juga akan kami verifikasi apakah mekaniknya sudah punya sertifikat atau belum," papar Herry.

Penulis: Stanly Ravel
Editor : Agung Kurniawan
TAG: