Kamis, 23 Maret 2017

Otomotif

Upaya Federal Perjuangkan Nasib Mekanik

Stanly/Otomania Mekanik Federal di Denpasar, Bali.

Denpasar, KompasOtomotif - Peran mekanik pada bengkel kerap dianggap sebelah mata, terutama untuk bengkel non-standar ATPM. Padahal, mekanik merupakan ujung tombak yang menjadi faktor penting dalam memberikan layanan servis serta perawatan sepeda motor.

Dengan layanan yang berkualitas, otomatis konsumen akan merasa puas. Dengan begitu konsuem akan loyal pada bengkel, bahkan tidak menutup kemungkinan menciptakan pelanggan baru.

"Berawal dari observasi, kami sering lihat mekanik sudah bertahun-tahun bekerja tapi rata-rata belajarnya hanya otodidak. Mirisnya lagi, meski punya peran penting dalam operasional sebuah bengkel, tapi sering mekanik dilupakan dan dijadikan mata rantai paling bawah," ucap Presiden Director PT Federal Karyatama (FKT) Patrick Adhiatmadja, saat berbincang dengan media di Denpasar, Bali, Rabu (15/3/2017).

Melihat fenomena ini, FKT sebagai produsen oli buatan lokal mengagas program akademi untuk para mekanik. Selain bertujuan meningkatkan wawasan serta keahlian mekanik, maksud lainnya juga untuk mengangkat harkat dan martabat mekanik itu sendiri.

Menurut Patrick, dengan adanya program akademi nantinya bisa menambah kemampuan serta wawasan dari mekanik. Tujuan akhirnya adalah mencipatakan tenaga ahli yang profesional sehingga bisa membantu meningkatkan taraf hidup dari mekanik.

"Ketika mekanik itu berkualitas dan menjadi andalan sebuah bengkel, tentu suatu hal yang wajar bila mereka mendapatkan penghasilan yang lebih baik. Jadi program ini golnya menciptakan ekosistem, mulai dari standarisasi pengetahuan, penyampaian produk ke konsumen, dan dapat meningkatkan kesejahteraan para mekanik," papar Patrick.

Penulis: Stanly Ravel
Editor : Agung Kurniawan
TAG: