Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Federal Targetkan 200 Mekanik Tersertifikasi

Kompas.com - 16/03/2017, 08:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Denpasar, KompasOtomotif - Selain konsentrasi pada penjualan, PT Federal Karyatama (FKT) sebagai produsen pelumas buatan lokal mulai mengenjot kualitas dari mitra bengkelnya. Terutama dalam hal pelayanan mekanik yang berhubungan langsung dengan perawatan sepeda motor.

Melalui ajang Federal Akademi, FKT berupaya mencetak teknisi andal yang memiliki standarisasi untuk berkompetisi. Herry Hambali, Direktur Marketing dan Sales FKT, menjelaskan bahwa program mekanik akademi merupakan bentuk pelatihan serius yang melibatkan badan independen untuk memberikan sertifikat yang dipercaya pemerintah.

"Semua mekanik yang lolos akan diberikan sertifikasi khusus dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Jadi bukan seperti program partisipasi yang selesai bisa dapat sertifikat, di sini mereka akan diuji pengetahunnya oleh trainer profesional, bila lolos mereka akan tersertifikasi, kalu nilainya kurang maka tidak dapat," ucap Herry kepada media di Denpasar, Bali, Rabu (15/3/2017).

Federal mekanik akademi akan digelar di delapan kota Indonesia. Tiap kota akan ada 30 mekanik yang dipilih mewakili masing-masing mitra binaan Federal mengikuti pembimbingan dan penilaian.

Stanly/KompasOtomotif Federal Mekanik Akademi

Dari akumulasi delapan kota dengan 240 peserta, diperkirakan jumlah mekanik yang bakal mendapat sertifikat sekitar 200 peeserta. Angka tersebut, sebenarnya masih sedikit bila dijumlahkan dengan total mitra binaan Federal yang saat ini jumlahnya mencapai 3.000 outlate.

"Itu target awal, mudah-mudahan bisa tercapai. Untuk yang menang di level tiga sebagai reward akan dibawa ke Sepang, nanti kita bicarakan kontes mekanik dengan tim ke Gresini Racing. Jadi intinya mekanik tersebut sakalanya sudah di level racing," ucap Harry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com