Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cengkraman NIssan Makin Kuat di Mitsubishi

Kompas.com - 15/03/2017, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Penguasaan 34 persen saham Mitsubishi Motors oleh Nissan, membuat beberapa jabatan di tingkat eksekutif mulai diduduki orang-orang kepercayaan Nissan. Di mana kali ini akan ada empat orang yang akan ditransfer. Terbaca, kalau Nissan mulai memperkuat cengkramannya pada Mitsubishi.

Mengutip Reuters, Selasa (14/3/2017)  pengumuman yang dilakukan oleh Mitsubishi ini, juga dikatakan sebagai satu upaya merek berlambang tiga berlian itu, dalam memperbaiki manjemennya, setelah porak-poranda pasca kasus pemalsuan data jarak tempuh di Jepang.

Seperti yang dikatakan pihak Mitsubishi, mulai April 2017, posisi wakil presiden perusahaan, yang salah satu perannya yaitu pengembangan produk, pemasaran dan penjualan, akan ditempati oleh pejabat dari Nissan. Penambahan empat eksekutif ini, akan menaikkan jumlah orang Nissan di tim manajemen Mitsubishi menjadi sekitar 7 orang.

"Kami perlu memperkuat tata kelola perusahaan, untuk menghindari terulangnya skandal tahun lalu, bersama dengan skandal-skandal sebelumnya," ujar Osamu Masuko, Chief Executive Officer Mitsubishi.

Tahun lalu, setelah mengambil sepertiga saham Mitsubishi Motors, Nissan kemudian memasang Carlos Ghosn, menjadi Chairman di Mitsubishi Motors. Lalu menempatkan dua pejabat Nissan pada dewan direksi. Kemudian, Ghosn juga mengutus tangan kanannya Trevor Mann, sebagai Chief Operating Officer.

Kemudian pada Februari 2017, Ghosn baru saja melepaskan kursi kepemimpinanya di Nissan, dan mengaku akan fokus mengembangkan Mitsubishi dan Renault.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com