Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Toyota Ajak Investor Jepang Lain

Kompas.com - 13/03/2017, 14:22 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Kedatangan Presiden dan Chief Executive Officer (CEO) Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang ke Istana Negara berjumpa dengan Presiden RI Joko Widodo, Senin (13/3/2017) pagi, terkesan mendadak. Tujuannya, selain menyampaikan penggantian pucuk pimpinan pada PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga terkait kolaborasi Toyota dan Daihatsu di Indonesia.

“Beliau (Akio Toyoda) juga menyampaikan kolaborasi yang mulai terjadi antara Daihatsu dan Toyota dan berharap bisa memberikan sumbangannya terhadap kemajuan ekonomi di Indonesia,” kata Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN kepada KompasOtomotif, Senin (13/3/2017).

Informasi ini disampaikan karena prinsipal Toyota sudah mengakuisisi penuh Daihatsu di Jepang. Langkah ini sekaligus berimbas pada bisnis kedua perusahaan di Indonesia dengan membentuk divisi internal baru, Emerging-market Compact Car Company.

Warih, yang ikut dalam rombongan Akio Toyoda berjumpa dengan Presiden Jokowi, mengatakan, sambutan baik disampaikan oleh pemerintah. Salah satu permintaan yang diingat Presiden Jokowi adalah terkait ajakan investasi ke Indonesia.

“Sambutannya alhamdulillah baik, Pak Presiden meminta supaya Toyota mengajak mitra (perusahaan) Jepang lain untuk investasi lagi ke Indonesia. Toyoda san juga menyampaikan komitmen investasinya yang sudah bergulir sejak tahun lalu,” ucap Warih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com