Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak ”Winglet” Revolusioner Ducati MotoGP

Kompas.com - 13/03/2017, 13:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Crash

Losail, KompasOtomotif – Kebutuhan winglet pada motor-motor yang berlaga pada MotoGP 2017 makin tampak. Setelah komisi MotoGP melarang winglet yang dianggap membahayakan pebalap lain, berbagai pabrikan mencari solusi dengan menciptakan desain lain peranti aerdinamika tersebut.

Setelah Yamaha, Suzuki, dan Aprilia, kini giliran Ducati yang terang-terangan menunjukkan desain baru pengganti winglet yang dilarang. Para pengamat MotoGP menyebut penggantinya itu sebagai integrated winglet yang terpasang pada fairing dan tidak menonjol.

Ducati mulai mencobanya untuk simulasi balapan dalam tes resmi jelang diselenggarakannya seri pertama musim MotoGP 2017, di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu (11/3/2017). Andrea Dovizioso tampak menggunakannya selama tes, dan menyatakan happy terhadap performa motor barunya.

Desain
Menariknya, Ducati tak ikut-ikutan pakai integrated winglet yang dipasang pada bagian dalam fairing seperti tiga pabrikan lain yang sudah menggunakannya duluan. Tim asal Italia itu memodifikasi fairing atas, atau batok kepala sebagai peranti aerodinamika baru.

Alhasil, tampak kepala Ducati Desmosedici GP17 terbaru disebut seperti punya hidung mobil balap Formula1. Kreasi ini adalah hasil jerih payah Direktur Teknik Danny Aldridge. Motor pun tak mendapat penambahan lebar seperti yang lain.

Angin yang menabrak dari depan dialirkan melalui bagian hidung, diharapkan mengurangi efek wheelie (ban depan terangkat) ketika berakselerasi, khususnya saat keluar dari tikungan.

”Saya menyukai efek dari ’fairing’ baru, karena sangat susah mencari ganti untuk mendapatkan downforce seperti tahun lalu dengan aturan baru. Insinyur kami mengerjakan tugas dengan sangat baik,” kata Dovizioso, usai mencoba ”fairing” baru dalam tes.

Seberapa dekat efeknya dengan tahun lalu, Dovi dengan tegas menyatakan sangat dekat. Memang tidak sama persis, tapi sangat membantu.

Dari hasil tes terakhir, Minggu (12/3/2017), Dovizioso mampu mengamankan posisi kedua di bawah Vinales, dan hanya terpaut 0,071 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com