Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Mobil Paling Laris di China, Bagaimana di Indonesia?

Kompas.com - 13/03/2017, 07:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Tidak ada yang menyangkal, kalau China merupakan negara yang menjual dan memproduksi mobil paling banyak di dunia. Pada 2016 saja, kendaraan yang berhasil dikirim ke konsumen mencapai 24,3 juta unit.

Mengutip Autoguide.com, Minggu (12/3/2017), Asosiasi Mobil Penumpang China (China Passenger Car Association/CPCA) merilis 10 model mobil yang paling populer di negeri tirai bambu tersebut. Pemilihan didasarkan pada angka penjualan.

Menariknya, dari sepuluh jagoan mobil penumpang tersebut, tercantum nama Wuling Hongguang, multi purpose vehicle (MPV) yang bakal menggebrak pasar otomotif tanah air mulai tahun ini. Bahkan, Wuling malah tercatat sebagai salah satu model paling populer di Negeri Tirai Bambu pada 2016.

Mobil tujuh penupang ini, penjualannya mencapai 650.018 unit.  Lebih dari setengah total penjualan mobil di Indonesia dalam satu tahun. Pada posisi kedua dan ketiga ada Great Wall Haval H6 (580.683 unit), lalu VW Lavida 478.699 unit.

Bagaimana di Indonesia?

Coba menanggapi, Dian Asmahani Brand Manager SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) mengatakan, kalau pihaknya percaya dan optimistis kalau di Indonesia,  Wuling juga bisa jadi penantang yang diperhitungkan nantinya. Tentunya dengan menciptakan produk dan layanan yang sesuai dengan masyarakat Indonesia.

“Dengan nilai inilah, kami membangun kredibilitas, diterima oleh pelanggan, sehingga pada akhirnya kami akan menjadi salah satu pesaing kuat, di industri otomotif Indonesia. Kami akan melakukan yang terbaik pada langkah awal kami,” ujar Dian kepada KompasOtomotif, Minggu (12/3/2017).

Di China, Wuling merupakan salah satu merek otomotif yang dipayungi oleh SGMW, perusahaan patungan tiga pemegang saham utama, SAIC Motor Corporation Limited, General Motors (China), dan Guangxi Automobile Group.

Dian mengatakan, kekuatan dari ketiga pemegang saham ini, menjadikan SGMW memiliki kekuatan yang unik untuk berkompetisi di dunia otomotif. Hal ini dapat dilihat dari performa perusahaan yang terus meningkat sejak dibentuk, dan telah mencatat penjualan lebih dari 2,13 juta unit di 2016.

Induk bisnis Wuling, SGMW juga diklaim sebagai perusahaan otomotif pertama, yang mencapai produksi tahunan lebih dari 2 juta unit di China, serta telah meraih posisi pertama dalam hal volume penjualan untuk perusahaan otomotif tunggal selama 11 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com