Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Menanti Efek Kedatangan Raja Salman

Kompas.com - 09/03/2017, 07:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kedatangan rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis al-Saud ke Indonesia diharapkan mampu menjadi stimulus meningkatnya hubungan dagang, khususnya di sektor otomotif.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menganggap kedatangan sang raja bisa menaikkan posisi Indonesia lebih kuat, terutama untuk keberlanjutan ekspor mobil Toyota di masa yang akan datang.

Memang, menurut Edward Otto Kanter, Direktur Senior TMMIN, Arab Saudi sudah menjadi destinasi ekspor utama Toyota Indonesia. 35 persen dari total ekspor tahun lalu, dikirimkan ke negara kaya minyak itu.

Dok. KIP Setwapres / Yohanes Liniandus Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdullaziz al-Saud saat berjalan di lobi Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (3/3/2017) malam.
"Ini (kedatangan Raja Salman) penting sekali, dan hubungan dagang harusnya makin erat. Sehingga, posisi kita di mata Arab Saudi jadi lebih kuat lagi," kata Edward di sela kunjungan media melihat proses ekspor mobil di PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), Tanjung Priok, Jakarta, (8/3/2017).

TMMIN memang tak terlibat langsung untuk menemui Raja Salman, namun kalau kata Bob Azam, Direktur Administrasi TMMIN, pembicaraan hubungan dagang sudah diwakili Kadin lewat perundingan kerjasama Bussiness to Bussiness (B2B).

"Yang jelas, jadi bahan pembicaraan (dalam B2B) atau tidak, Arab Saudi sudah mendominasi tujuan ekspor TMMIN. Kalau bisa, kita bisa jadi basis produksi Toyota di ASEAN untuk Timur Tengah," kata Bob.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com