Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Civic Type R Meluncur Demi Rekor Baru

Kompas.com - 08/03/2017, 09:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Geneva, KompasOtomotif - Honda akhirnya resmi membuka selubung Civic Type R baru bertenaga 316bhp tahun ini, di Geneva International Motor Show (GIMS) 2017.  Model baru ini memiliki basis sama seperti generasi 10 Civic hatchback.

Mengutip Autoexpress, Selasa (7/3/2017) model ini akan diproduksi secara eksklusif di Inggris di pabrik Swindon Honda. Bukan hanya untuk pasar Inggris, tapi akan diekspor ke seluruh dunia termasuk ke Jepang, dan untuk pertama kalinya ke Amerika Serikat.

Harga sendiri belum dipublikasikan, tapi diperkirakan banderolnya di angka 32.000 poundsterling atau Rp 521,4 juta, sedikit lebih mahal dari versi yang sudah muncul sebelumnya. Model ini akan mulai didistribusikan ke pasar pada musim panas 2017 ini.

Meski masih berdasarkan arsitektur baru yang juga digunakan pada Civic regular, Type R ini menggendong mesin VTEC 2.0L turbocharged empat silinder, yang sanggup memuntahkan 316 bhp, atau lebih besar 10bhp dari model sebelumnya, dengan torsi 400 Nm. Tenaga disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan, berpenggarak front-wheel drive.

Autoexpress Honda Civic Type R terbaru hadir di Geneva Motor Show 2017.


Baca: Meluncur, Honda Civic Type R Langsung ?Hot?

Rekor

Lewat model ini, Honda juga berambisi untuk merebut kembali rekor, di sirkuit Nürburgring, untuk mobil berpenggerak roda depan versi produksi. Saat ini, rekor masih dipegang oleh Volkswagen Golf Clubsport S, dengan catatan waktu 7 menit dan 49 detik, atau lebih cepat 1,4 detik dari Civic Type R sebelumnya.

Hideki Kakinuma, Project Leader Type R mengatakan, jenis penggerak four-wheel drive, tidak pernah dipertimbangkan untuk disematkan di model “Hot Civic” terbaru ini, meski pesaingnya Ford Focus RS and VW Golf R menggunakannnya.

Secara visual, Honda Type R baru mempertahankan styling merek dagang yang ekstrovert, tetapi Honda mengklaim model baru ini memiliki paket aerodinamis yang lebih komprehensif, dari pendahulunya. Mulai dari lekukkan halus di bagian bawah bodi mobil, tirai udara depan dan vortex generator di bagian atap yang ditambahkan, bersama dengan tiga potong knalpot di bagian tengah belakang, serta velg 20 inci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com