Selasa, 28 Maret 2017

Otomotif

VW Perkenalkan Van Berteknologi Otonomos

Autoexpress Konsep otonomos Volkswagen Sedric.

Geneva, KompasOtomotif – Memanfaatkan momen Geneva International Motor Show (GIMS) 2017, Volkswagen perkenalkan konsep self-driving berteknologi tinggi, Sedric. Ini akan menjadi dasar dari sejumlah model baru dari semua merek di bawah VW Group.

Mengutip Autoexpress, Selasa (7/3/2017)  Sedric sendiri dilengkapi dengan fitur-fitur berteknologi, yang diklaim dikembangkan oleh insinyur top Volkswagen. Nama Sedric sendiri merupakan akronim dari Self-Driving Car, lengkap dengan lima lidar scanner (Light Imaging, Detection, and Ranging), tujuh kamera dan beberapa tambahan sensor lain, dan membuatnya masuk dalam mobil otonomos level 5 (sepenuhnya otonom).

Kendaraan ini dioperasikan melalui tombol khusus yang disebut OneButton, di mana hanya tinggal menekan saja untuk memanggil Sedric. Untuk mengatur tujuan, rencana berhenti, memilih rute, dan fungsi lainnya, penumpang tinggal menggunakan kontrol suara.

Sedric sepenuhnya listrik, dan tata letak baterainya yang kompak, meperluas ruang kabin yang berkonfigurasi 2+2, dan benar-benar tidak ada pedal dan kemudi. VW saat ini menghabiskan miliaran euro untuk teknologi otonom, ambisi mereka dalam setengah dekade berikutnya, membawa Sedric ke jalan umum, sebagai mobil otontom tercangih yang pernah ada.

"Kami yakin, kendaraan yang sepenuhnya otomatis akan membuat hidup di kota-kota kita lebih baik, lebih ramah lingkungan dan aman. Sedric adalah perintis dan ide platform otonom. Banyak elemen dan fungsi mobil konsep ini bakal muncul kembali pada mobil-mobil kami di tahun  mendatang," ujar Matthias Müller, CEO Volkswagen.

Penulis: Ghulam Muhammad Nayazri
Editor : Agung Kurniawan
TAG: