Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Jaringan GM, Isuzu Ekspansi ke Afrika

Kompas.com - 02/03/2017, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Produsen mobil Amerika, General Motors setuju untuk menjual kepemilikan sahamnya di anak perusahaan mereka di Kenya kepada Isuzu Motors. Merek Jepang ini berencana untuk meningkatkan eksistensinya di kawasan Afrika Timur.

Mengutip Nikkei, Rabu (2/3/2017), Isuzu mengumumkan, mereka bakal melakukan pembelian saham pada awal April 2017, sebesar 57,7 persen dari General Motors Afrika Timur. Di mana kegiatan operasinya saat ini memproduksi truk kecil dan menengah Isuzu, serta melakukan impor kendaraan penumpang Chevrolet.

Tahun lalu, unit bisnis GM terebut berhasil memasarkan 3.300 kendaraan yang diproduksi secara lokal. GM Afrika Timur memperoleh pendapatan mencapai 20 miliar yen atau Rp 2,3 triliun, dari penjualan pada 2016, dengan pasar utama di Kenya, Uganda, dan Tanzania.

Melalui pembelian ini, Isuzu akan beroperasi tanpa GM di Kenya. Perusahaan mobil asal Jepang juga berencana untuk meningkatkan penjualan mencapai 35.000 unit pada tahun fiskal 2017 di seluruh Afrika. Isuzu dan GM juga memiliki usaha patungan di Afrika Selatan, di mana berhasil menjual sekitar 27.000 kendaraan komersial, pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2015.

Kemerosotan harga minyak sepanjang 2016, menempatkan ekonomi Afrika dalam keadaan stagnan. Penjualan truk melayu, tapi angka ini mencapai titik terendah, dan Isuzu meramalkan bakal adanya permintaan kembali.

Isuzu juga berencana akan memperbesar penjualan, servis dan kemampuan lainnya di diler milik GM di Afrika Timur. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan dari bisnis purna jual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com