Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Prestasi Daihatsu Selama 55 Tahun di Indonesia

Kompas.com - 01/03/2017, 17:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Daihatsu di Indonesia bukan merek “kemarin sore", kiprahnya di industri otomotif Tanah Air sudah puluhan tahun, di mana kali ini menginjak usia 55 tahun. Pertama kali Daihatsu hadir, melalui angkutan umum becak motor (Bemo) sejak 1962.

Melewati berbagai gejolak dan kondisi ekonomi dalam negeri yang naik turun, Dahatsu tidak runtuh, malah punya struktur dan pondasi yang semakin kuat. Sepanjang perjalanan tersebut, berbagai prestasi ditorehkan.

“Setidaknya ada sekitar sepuluh prestasi yang berhasil kami torehkan sepanjang eksis di Indonesia,” ujar Sudirman Maman Rusdi, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Rabu (1/3/2017).

Sudirman melanjutkan, statistik pencapaian yang pertama yaitu kapasitas produksi pabrik ADM yang sudah bisa menyentuh 530.000 unit per tahun, dengan melibatkan sebanyak 11.495 karyawan di seluruh Indonesia.

Kedua, jumlah akumulasi total produksi pabrik ADM yang akan segera mencapai 5 juta unit. “Ini kira-kira dalam dua bulan lagi kami sampaikan informasinya,” ucap Sudirman.

Ketiga, pada 2016 ADM berhasil meraih rekor sepanjang sejarah berkecimpung di Indonesia, di mana penjualan wholesales bisa diperoleh sebanyak 189.683 unit, sementara retail 192.410 unit.

Keempat, dalam penjualan retail, Daihatsu Indonesia menempati urutan kedua pasar otomotif nasional selama 8 tahun berturut-trut, dimulai sejak 2009 lalu.

Kelima, Daihatsu meraih ranking nomor satu sales satisfaction index, versi JD Power sebanyak 3 kali, dalam lima tahun terakhir.

Keenam, kali ini Astra Daihatsu Motor berhasil memilikik Riset and Development Center terbesar, terlengkap, dan satu-satunya di Indonesia.

Ketujuh, pabrik ADM dipercaya menjadi basis produksi untuk produk-produk kolaborasi mobil kompak, dari grup Toyota di Asia.

Kedelapan, produksi pabrik ADM berhasil memasuki 54 pasar mancanegara, termasuk salah satu di antaranya adalah Jepang.

Kesembilan, lokal konten atau tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) produk Daihatsu saat ini sudah mencapai 94 persen berdasarkan content by value.

Terakhir atau kesepuluh, pabrik ADM bekerjasa sama atau melibatkan 263 pemasok lapis  pertama, dan 1.315 pemasok lapis kedua, serta melibatkan total pekerja 900.000 karyawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com