Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompetisi Adu Irit Truk Volvo Kembali Digelar

Kompas.com - 01/03/2017, 15:52 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Melanjutkan kesuksesan tahun-tahun sebelumnya, Volvo Trucks Indonesia kembali menggelar ‘Volvo Fuelwatch Challenge 2017’. Kompetisi uji irit bahan bakar bagi para pengemudi truk ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh Volvo Truck di seluruh dunia.

Volvo Fuelwatch Challenge merupakan upaya mendidik pengemudi, dan para pelanggan untuk berkendara meningkatkan efisiensi bahan bakar. Ajang ini juga bertujuan untuk mengurangi biaya operasional, sehingga dapat meningkatkan keuntungan para pelanggan, di samping meningkatkan kesadaran tentang pentingnya keselamatan.  

"Kami memperkirakan dengan berkurangnya pasokan bahan bakar fosil, harga BBM akan meningkat dan hal ini menjadi beban bagi perusahaan pengangkutan. Dengan demikian, konsep Fuelwatch diciptakan sebagai patokan untuk membantu mengatasi masalah ini,” kata Valery Muyard, Presiden Direktur, Volvo Trucks Indonesia, dalam siaran resminya, Rabu (1/3/2017).

Proses penyaringan para pengemudi akan dilakukan dari 27 Februari hingga Mei 2017. Kompetisi ini terdiri dari latihan konsep dasar, seperti optimasi truk dan pemeliharaan, efisiensi bahan bakar, dan teknik aman berkendara.

Fuelwatch Challenge terdiri dari tes teori pada putaran awal yang akan diadakan di sepuluh lokasi. Para pemenang akan bersaing mengemudi secara langsung pada ajang semi-final yang berakhir di Jakarta. Pemenang putaran tersebut, akan lanjut untuk bersaing mendapatkan gelar juara akhir di Swedia September 2017.

kompas.com-KP Volvo FuelWatch 2015

“Fuelwatch Challenge adalah upaya dan komitmen untuk mendukung industri di Indonesia. Melalui platform ini, kami berfokus pada penggunaan bahan bakar yang ekonomis serta perilaku mengemudi yang baik,” ucap Valery.

Lokasi dan jadwal putaran awal Fuelwatch Tantangan 2017:
Riau  : 27-28 Februari
Jambi : 7-8 Maret
Surabaya : 15-16 Maret
Cilegon : 2-4 April
Cilegon : 6-7 april
Balikpapan : 27-28 Februari
Loa Kulu : 7- Maret
Loa Kulu : 21-22 Maret
Melak : 11-12 April
Melak :26-27 April

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com