Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Indonesia Rayakan Seabad Lebih Eksistensi di Dunia

Kompas.com - 01/03/2017, 14:55 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Merek mobil asal Jepang, Daihatsu, rayakan ulang tahunnya yang sudah ke-110 tahun eksis di industri otomotif dan dunia sejak berdiri pada 1907, Rabu (1/3/2017), di Jakarta. Di Indonesia sendiri, Daihatsu pertama kali hadir pada 1962 atau menginjak usia 55 tahun, di mana sudah bisa dikatakan mapan.

Saat pertama kali juga menginjakkan kaki di Tanah Air, mesin Daihatsu digunakan untuk kendaraan becak motor atau yang terkenal dengan sebutan Bemo. Ini menjadi sarana angkutan umum yang diperkenalkan menjelang pelaksanaan Asian Games IV di Jakarta.

Daihatsu kini sudah menjadi bagian dari Toyota, di mana kepemilikan sepenuhnya resmi dilakukan pada 1 Agustus 2016 lalu. Sudirman Maman Rusdi, Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, dengan usianya saat ini di Jepang, Daihatsu menjadi merek yang paling tua.

"Di Jepang dan dunia, Daihatsu juga terkenal memproduksi kei-car dan mobil kompak. Untuk pasar Indonesia sendiri, keberhasilan kami mulai menanjak sejak Astra ditunjuk menjadi agen tunggal di Indonesia pada 1976," ujar Sudirman di sela-sela acara, Rabu (1/3/2017).

Tsuneo Itagaki, Senior Executive Director (ADM) menambahkan, sepanjang perjalanannya, Daihatsu dianggap bisa bertahan di tengah kondisi kondisi-kondisi kritis, seperti ketika krisis ekonomi global, kesulitan kei-car di Jepang, dan persaingan ketar di pasar Indonesia dan Malaysia, terutama dalam 10 tahun terakhir.

"Namun kami melihat situasi tersebut sebagai suatu kesempatan dan tantangan untuk memasuki bidang bisnis baru, dengan terus mengembangkan kekuatan kami. Salah satu keunggulan kami yaitu menghadirkan mobil yang terjangkau atau value-for-money, yang menggunakan dasar kei-car," tutur Itagaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com