Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Uji Mobil Otonomos Pertama di Eropa

Kompas.com - 28/02/2017, 16:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

London, KompasOtomotif – Raksasa otomotif roda empat kedua Jepang, Nissan, mulai menguji mobil otonomosnya di dunia nyata, di jalanan timur London, Senin (27/2/2017). Ini diklaim sebagai pengujian teknologi otonomos pertama di jalan umum Eropa.

Sebelumnya, Nissan terlebih dahulu sudah melakukan uji jalan umum di wilayah Jepang dan Amerika Serikat, untuk menunjukkan teknologi otonomos yang mudah digunakan dalam kehidupan berkendara sehari-hari.

"Inovasi dan kecerdikan menjadi jantung dari merek Nissan dan orang-orangnya. Pengujian teknologi otonomos yang akan datang Nissan, yang sesuai dengan jalan-jalan kota London, menggarisbawahi komitmen kami untuk memberikan Nissan Intelligent Mobility kepada pelanggan kami," ujar Takao Asami, Senior Vice President, Research and Advanced Engineering Nissan, dalam siaran resminya, Senin (27/2/2017).

Pesert ayang duduk sebagai penumpang, diberi kesempatan memperoleh pengalaman teknologi, yang terdiri dari millimeter wave radar, laser scanners, camera, high-speed computer chips, dan HMI (Human Machine Interface), serta masih bayak lagi teknologinya.

Semua perangkat tersebut, bakal membantu kendaraan untuk beroperasi secara otonom pada jalan raya dan jalan perkotaan, setelah titik tujuan dimasukkan ke dalam sistem navigasi. Pengetesan teknologi ini disematkan pada Leaf, yang ke depan bakal mengadopsi teknologi ProPILOT, yang sebelumnya sudah disematkan di Serena. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com