Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabar Menanti Produk Segar Nissan dan Datsun

Kompas.com - 28/02/2017, 13:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifNissan dan Datsun memang sedang bertahan dalam situasi dan line up yang ada saat ini. Tak hanya menghadapi pasar otomotif yang tak menentu serta cenderung turun, tetapi juga harus kuat menahan gempuran merek lain dengan banyak model baru.

Tidak ada target spesifik tahun ini, kecuali ingin membukukan penjualan 40.000 unit (total Nissan-Datsun) pada akhir tahun fiskal 2016. Tahun lalu, Datsun berhasil menjual 26.000-an unit, sementara Nissan di angka 16.000-an unit.

”Ini akan menjadi tantangan, karena tidak ada produk baru, seperti yang kami umumkan sebelumnya. Saat ini kami menyiapkan network lebih baik, dan membangun brand awareness (Datsun),” kata Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Antonio Zara, Senin (27/2/2019) di Jakarta.

Kendati demikian, bukan berarti tidak ada produk baru sama sekali. Antonio Zara yang biasa dipanggil Toti itu menegaskan sudah ada persiapan tentang model baru, tapi tidak bisa disebutkan waktu peluncurannya. Bisa tahun ini, bisa juga tahun depan.

Hal yang sudah pasti adalah Datsun akan meluncurkan Go Cross tahun ini, meski waktu tepatnya juga tidak akan disebutkan. Selebihnya, NMI benar-benar menunggu hasil pengembangan MPV Nissan-Mitsubishi yang memang spesifik untuk pasar Indonesia.

”Saat ini kami tidak pada posisinya untuk mengumumkan, MPV seperti apa nanti (hasil kerjasama Nissan-Mitsubishi) dan kapan datangnya,” kata Toti.

Adapun Datsun juga sedang menunggu senjata baru dengan mengeluarkan tipe bertransmisi otomatik  yang begitu banyak dinanti untuk penggunaan dalam kota.

NMI juga sedang menunggu penyelesaian pengerjaan pabrik baru untuk membuat mesin yang akan selesai September mendatang, di Karawang. Investasi yang sudah ditanamkan untuk pabrik ini mencapai lebih dari 30 juta dollar AS (setara Rp 400-an miliar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com