Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Berharap Kawasaki Punya Penjegal R15 dan CBR150R

Kompas.com - 28/02/2017, 12:48 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Buat para pecinta Kawasaki, terutama yang berharap muncul sepeda motor sport 150 cc (4-tak), sebaiknya kubur impian Anda dalam-dalam. Sebab, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tak akan bermain di segmen itu, baik untuk model fairing atau naked sekali pun.

Berbicara di sela test ride Versys-X 250 di kawasan Bromo, Probolinggo (24/2/2017), Deputy Head Marketing and Promotion KMI Michael Candra Tanadhi, mengatakan, bahwa produk 150 cc tak masuk kriteria Kawasaki untuk dipasarkan.

”Pertama, kalau kelasnya di situ tak masuk segmen premium. Sedangkan kami sudah biasa main di segmen sport atas. Kami melihatnya dari sisi harga. Kedua, kami harus selalu jadi pionir, bukan follower,” kata Michael.

Itulah konsep yang dipegang teguh Kawasaki untuk bertarung di pasar Indonesia. Premium dalam hal ini bukan yang benar-benar mewah, namun fokus untuk motor-motor sport di atas 250 cc. Kecuali trail yang masih ada kapasitas mesin 150 cc.

Pionir, dalam hal ini bahwa Kawasaki berusaha keras menciptakan segmen baru. Mereka sudah sukses dengan Ninja 250, atau sport big bike lain yang belum disaingi oleh merek lain. Trail pun demikian, image para penggunanya masih melekat pada merek ”geng hijau”. Terbaru, Kawasaki membuka segmen baru sport–adventure dengan meluncurkan Verys-X 250.

Selebihnya, Kawasaki pada dasarnya juga tak punya mesin atau produk 150 cc untuk segmen sport (fairing dan naked). ”Kalau mesin KLX dipaksakan bakal tidak cocok, karena mesin ini mengutamakan torsi. Jadi, sekali lagi, kami tidak mempertimbangkan sport 150 cc,” ujar Michael.

Di pasar sport 150 cc ini, sudah bertengger pemain-pemain eksis, macam Honda CBR150R, Yamaha R15, sampai terbaru Suzuki GSX-R150. Model naked malah lebih banyak, mulai V-ixion, CB150, Verza, dan GSX-S150.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com