Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Hidrogen Pertama Toyota Beroperasi di Jepang

Kompas.com - 27/02/2017, 15:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo KompasOtomotif – Toyota Motor Jepang, mulai menyerahkan unit pertama bus berbahan bakar hidrogen (Fuel Cell Bus/FC Bus) yang dijual di bawah nama Toyota, kepada Biro Transportasi Pemerintah Metropolitan Tokyo, Jumat (24/2/2017).

Bus ini mulai dioperasikan Maret 2017, bersama dengan satu unit Toyota FC Bus kedua yang akan datang  pada bulan yang  sama. Dari siaran resminya, Toyota berencana untuk memperkenalkan lebih dari 100 bus FC terutama di wilayah Tokyo, menjelang ajang Tokyo 2020 Olympic and Paralympic Games.

Peningkatan penggunaan bus FC di daerah perkotaan, diharapkan bisa membantu memberikan pemahaman masyarakat umum, mengenai penggunaan mobil hidrogen sebagai bentuk transportasi umum.  Bus zero-emission ini mengadopsi Toyota Fuel Cell System (TFCS) 1, yang dikembangkan di kendaraan penumpang Mirai.

Bukan hanya ramah lingkungan, angkutan umum bus berbahan bakal hidrogen ini, juga bersahabat untuk bagi penumpang orang-orang tua dan anak-anak, ketika akan masuk dan keluar bus.

Toyota Group menganggap, penggunaan hidrogen bakal menjadi sumber kuat energi untuk masa depan. Meeka telah meluncurkan Mirai FCV, dan juga menanamkan teknologi ini di produk FC bus, lalu kemudian FC forklift , serta sistem FC untuk keperluan rumah tangga. Ke depan, Toyota akan mempercepat perkembangan secara terpadu, sehingga dapat berkontribusi pada terwujudnya masyarakat berbasis hidrogen.

Toyota Spesifikasi Toyota FC Bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com