Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Fitur antara Fortuner, Pajero Sport, dan Trailblazer

Kompas.com - 27/02/2017, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Segmen sport utility vehicle (SUV) menengah di Tanah Air, baru saja kedatangan peserta baru berdarah Amerika Serikat (AS), Chevrolet Trailblazer. Model baru ini bakal memperketat peta persaingan yang ada, sepanjang 2017.

Seperti diketahui, pemain yang sudah lebih dahulu hadir yaitu mulai dari Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner, Isuzu MU-X, dan Ford Everest. Terlepas dari nilai esensial sebuah kendaraan penumpang, masih-masing merek juga menyematkan fitur tambahan, untuk menggoda konsumen, mulai dari keamanan, kenyamanan, dan hiburan.

Namun kali ini, KompasOtomotif coba merangkum beberapa fitur dari tiap model tersebut, terutama dari sisi keamanan, di mana isu keselamatan penumpang sudah seharusnya menjadi prioritas produsen mobil, yang memasarkan produknya di sini.

Otomania/Setyo Adi All New Pajero Sport tiba di Way Kambas

Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport menawarkan beragam fitur, terutama dalam menunjang keselamatan pengemudi. Beberapa teknologi keselamatan terbaru, seperti Active Stability & Traction Control (ASTC), Hill Start Assist (HSA), dan Trailer Stability Assist (TSA), tersedia, terlepas dari dual airbag di bagian depan, plus Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Force Distribution (EBD).

Seluruh fitur ini mendukung kestabilan berkendara saat bermanuver, berada di tanjakan, hingga menarik beban.  Lalu ada juga Water Screen Improvitation, yang bisa menghidupkan wiper secara otomatis, ketika kaca depan kena cipratan air, ini sangat membantu visibilitas.

Mitsubishi juga mengklaim, mereka mendesain modi Pajero Sport yang bisa mengakomodasi keselamatan penumpang, dengan crumple zone (zona remuk) sasis yang efektif menyerap dan meminimalkan energi benturan.

Toyota Fortuner

Jagoan Toyota ini juga sudah mengaplikasikan fitur keamanan dan keselamatan standar, mulai dari SRS airbag, dan Isofix. Kemudian pada sistem pengereman dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Braking Distribution (EBD), serta Emergency Brake Signal.

Demi menjaga kendaraaan tetap stabil, Toyota menyematkan teknologi Vehicle Stability Control (4x4 VRZ), Trailer Sway Control (4x4 VRZ), Active Traction Control (A-TRC), serta Hill Start Assist.

Untuk lebih menambah keamanan, terdapat rear parking camera dan all around sensor, antena berbentuk sirip hiu, serta mount stop LED. Sebagai pelengkap mobil ini juga memiliki power back door yang bisa terbuka dan tertutup dengan menekan tombol.

TAM Toyota Fortuner menjadi motor penggerak pertumbuhan positif Toyota.

Chevrolet Trailblazer

Merek asal Amerika ini mengatakan, keamanan menjadi prioritas utamanya dan tercermin pada model terbarunya, Trailblazer. Fitur-fitur keamanan yang ada, seperti Traction Control System (TCS), ABS, Panic Brake Assist (PBA), EBD, Electronic Stability Control (ESC), Hill Descent Control (HDC), Hill Start Assist (HSA), dan Anti-Rolling Protection. Berbagai fitur ini menjadi pelengkap untuk tiga airbag yang di jok baris depan mobil.

Fitur-fitur teknologi lain yang dapat ditemukan di The All New Trailblazer, yaitu Side Blind Zone Alert, Rear Cross Traffic Alert, Lane Departure Warning, Forward Collision Alert, Front and Rear Parking Assist, serta Tire Pressure Monitoring System

Aditya Maulana, KompasOtomotif Test Drive Isuzu MU-X 3.0-liter di 4X4 Land Isuzu, Pattaya, Thailand.

Isuzu MU-X

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com