Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garansindo Galau, Siap ”Hapus” Salah Satu Merek

Kompas.com - 22/02/2017, 11:26 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifGaransindo Group sudah menyatakan siap berkomitmen untuk tancap gas mengembangkan merek-merek yang sudah berada ”di bawah asuhannya”. Namun, tidak semua akan berjalan mulus, dan ada kemungkinan salah satu merek bakal ”dibunuh” alias tak lagi dilanjutkan keagenannya.

Menurut CEO Garansindo Group Muhammad Al Abdullah, muncul kemungkinan adanya merek yang tidak berlanjut karena volume penjualan kecil, tidak sepada dengan investasi merek itu sendiri. Hal ini akibat dari produk yang kurang sesuai dengan pasar Indonesia.

Merek apa yang mulai dievaluasi? Al Abdullah yang kerap disapa Memet itu tidak membeberkan detail. Namun dari apa yang dikatakannya, tergambar beberapa merek yang harus bersiap angkat kaki.

Well, Alfa Romeo, balik lagi kita ngikutin gayanya principal soal ketersediaan modelnya, kapabilitasnya yang paling dilihat. Kalau Fiat saya masih belum bisa ngomong, karena masih menunggu development,” kata Memet.

Kendati demikian, Memet mengatakan bahwa merek-merek Italia itu kini mulai banyak perubahan dalam sisi produk. Arahnya ke positif, meski tetap saja, Garansindo harus mengevaluasi.

Dirinya juga menyinggung soal merek Chrysler dan Dodge yang belum maksimal, atau masih fokus ke pasar Eropa dan Amerika.

”Chrysler, untuk setir kanannya itu yang agak susah. FCA (induk merek) sendiri sudah menetapkan hanya dua brand global di tubuhnya. Salah satunya Jeep. Selebihnya, kami wait and see,” kata Memet.

Bukan Dikorbankan
Memet tak mau disebut siap mengorbankan merek. Bagi Garansindo, grup tak mau hanya pegang merek setengah-setengah. Jika memang sudah dipercaya, Memet menyatakan siap memastikan brand tersebut sukses, asal ada kesamaan dan peluang besar.

Lalu, sampai kapan Garansindo wait and see? Memet memastikan tak akan lebih dari tahun ini. ”Nanti semester kedua kami akan tahu. Kami akan terus berkomunikasi dengan prinsipal, apa produk yang disiapkan untuk pasar kita? Harganya masuk gak?” kata Memet.

Saat ini Garansindo Group membawahi banyak merek. Dari FCA (Fiat-Chrysler Automobile) ada Jeep, Chrysler, Dodge, Fiat, dan Alfa Romeo. Terbaru, mereka menggaet Volvo. Sementara deretan roda dua ada Ducati, Peugeot, Italjet, Zero Motorcycles, dan Gesits.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com