Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Putusan, AISI Tetap Yakin "Bebas" Kartel

Kompas.com - 20/02/2017, 07:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, Otomania.com – Menjelang dengar putusan komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terkait dugaan kartel, Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) tetap meyakini tidak ada kartel antara Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dengan Astra Honda Motor (AHM). Rencananya putusan KPPU akan dibacakan hari ini, Senin (20/2/2017).

“Keputusannya bagaimana saya tidak tahu, semua tidak tahu. Tapi komentar saya cuma begini, itu yang dikatakan bukti tidak tepat,” ujar Ketua AISI Gunadi Sindhuwinata, di Jakarta, Sabtu (18/2/2017).

Baca: Kesimpulan Investigator KPPU, Yamaha-Honda Terbukti Kartel

Gunadi membantah jika kenaikan harga pararel motor skutik 110cc dan 125cc yang dipermasalahkan investigator KPPU dianggap sesuatu yang direncanakan. Dia mengatakan hal itu murni strategi masing-masing perusahaan.

Email internal Yamaha yang sudah diungkap di pengadilan disebut bukan bukti komunikasi antara Yamaha dengan Honda. Begitu pula dengan pertemuan golf antara petinggi Yamaha dan Honda dikatakan bukan hal aneh dilakukan mengingat pertemuan itu juga dihadiri petinggi merek lain.

“Saya tidak mau berandai-andai kalau putusan itu bersalah. Saya berandai-andai kalau itu tidak bersalah,” kata Gunadi. 

Baca: Begini Bukti ?E-mail? Lengkap Dugaan Kartel Yamaha-Honda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com