Sensasi "Cabe Rawit" Suzuki Ertiga Diesel Hybrid - Kompas.com

Sensasi "Cabe Rawit" Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Stanly Ravel
Kompas.com - 18/02/2017, 07:42 WIB
Stanly/KompasOtomotif Tes Ertiga Diesel Hybrid

Jakarta, KompasOtomotif - Setelah membahas efesiensi bahan bakar Suzuki Ertiga Diesel Hybird, giliran merasakan sensasi berkendaranya. Dalam pengujian singkat menuju Rancamaya, KompasOtomotif cukup mendapatkan impresi yang positif.

Ertiga Diesel Hybrid datang dengan mesin D13A berkapasitas 1.248 cc empat silinder. Menurut data, mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga 88 tk dan torsi maksimum 200 Nm.

Baca : Menakar Seberapa Irit Ertiga Diesel Hybird


Meski terlihat cukup kecil, tapi performanya jangan dianggap remeh. Adanya sokongan teknologi hibrida ringan serta variable geometry turbo (VGT) membuat mesin ini ibarat "kecil-kecil cabe rawit".

Bicara di balik kemudi, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Ertiga konvensional, tapi soal sensasi berkendara sangat jauh. Menariknya, meski menggunakan diesel tapi saat digeber pada putran mesin 2.500 rpm ke atas, ruang kabin tetap hening dan minim getaran.

Stanly/KompasOtomotif Sensasi berkendara Ertiga Diesel Hybrid

Layaknya mobil diesel lain, tenaga sudah terasa sejak dari putaran bawah. Ketika KompasOtomotif memacunya pada kecepatan konstan di jalan tol, perpindahan gigi tiga ke atas ternyata memiliki jeda yang cukup panjang.

Lembutnya perpindahan gigi serta torsi yang padat membuat Ertiga Diesel memiliki poin akselerasi responsif yang patut diacungi jempol. Sayangnya, meski nyaman digunakan, tapi sebagai orang akan menilai Ertiga tidak fleksibel karena masih mengandalkan transmisi manual lima percepatan.

Tidak perlu repot saat membutuhkan torsi besar di putaran awal, tinggal tekan pedal gas suplai tenaga langsung tersalurkan.

Stanly/KompasOtomotif Tes performa Ertiga Diesel Hybrid
Hal ini KompasOtomotif rasakan saat menerjang jalur menanjak di Bukit Pelangi. Tanpa menunggu lama, meski posisi tuas transmisi berada di gigi dua, tanjakan berliku bukan menjadi halangan berat bagi Ertiga.

Sayangnya, tim tidak bisa menguji tenaga di putaran atas akibat situasi jalan yang kurang memungkinkan. Tapi secara keseluruhan, Ertiga Diesel Hybrid wajib diperhitungkan, khususnya bagi pecinta low MPV.

Simak ulasan ringannya dalam video berikut ini.

 

PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
Komentar

Close Ads X