"Recall" Yamaha Berpotensi Menyenggol Faktor Keselamatan - Kompas.com

"Recall" Yamaha Berpotensi Menyenggol Faktor Keselamatan

Stanly Ravel
Kompas.com - 17/02/2017, 14:03 WIB
KompasOtomotif-donny apriliananda Yamaha MT-25 dalam penggalan spyshot yang dipergoki KompasOtomotif di Jakarta Timur.

Jakarta, KompasOtomotif - Yamaha kembali mengampanyekan penarikan ( recall) R25 dan MT25 di Indonesia. Beda dengan sebelumnya, kali ini permasalahan ada pada sub main switch dan bracket fuel tank yang secara total meyerang 29.000 unit kedua motor sport tersebut di Indonesia.

Meski kedua komponen tersebut berkaitan erat dengan masalah safety dan keamanan, tapi Yamaha mengklaim sejauh ini belum ada laporan mengenai kecelakaan akibat masalah tersebut.

"Informasi ini datang dari negara-negara lain, setelah kita analisa ternyata memang ada masalah dan berkaitan dengan safety. Meski ada beberapa yang mengeluhkan, tapi sifatnya tidak sampai fatal seperti kecelakaan," papar GM After Sales Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M Abidin, saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (16/2/2017).

Untuk main switch, lanjut Abidin, beberapa ada yang keluhkan motornya mati mendadak, terutama model MT25. Meski jumlahnya sedikit, tapi melihat potensi negatif, maka kami putuskan untuk mengganti komponen tersebut.

Baca : Penjelasan Yamaha Mengapa Kembali "Recall" MT25 dan R25


Roderick A. Moses Yamaha YZF-R25 pilihan segar di segmen sport 250 cc

"Untuk MT25 kebanyakan penggunanya mereka yang suka touring. Potensi mengalami motor mati mendadak karena switch cukup besar, apalagi bila materialnya sudah kena air. Karena berkaitan dengan keselamatan maka kami prioritaskan," kata Abidin.

Kampanye recall akan dilakukan Yamaha selama enam bulan. Para pengguna MT25 dan R25, bisa langsung mengunjungi jaringan bengkel Yamaha di seluruh Indonesia untuk mendapatkan pengantian komponen secara cuma-cuma.

PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X