Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Listrik Keren Mercedes-Benz Siap Mengaspal

Kompas.com - 17/02/2017, 12:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Carscoops

Munich, KompasOtomotif – Setelah tebar pesona lewat berbagai ajang juga penyebaran informasi ke dunia maya, Mercedes-Benz dikabarkan siap memproduksi dan memasarkan truk canggih bertenaga listrik, Urban eTruck.

Konfirmasi itu terlontar Jumat (17/2/2017), bahwa perusahaan asal Jerman itu sudah berbicara dengan sedikitnya 20 konsumen potensial dari berbagai macam bidang. Mercedes-Benz juga sudah melakukan studi dengan matang tentang kesiapan model ini masuk pasar.

Head of Mercedes-Benz Trucks, Stefan Buchner menyatakan bahwa penampilan perdana (world premier) Urban eTruck pada September 2016 lalu di International Commercial Vehicle Show, memantik reaksi konsumen yang dianggap luar biasa.

”Kami pun sudah melakukan pembicaraan dengan 20 konsumen potensial yang berasal dari sektor pembuangan, makanan, sampai logistik. Saat ini kami masih punya seri kecil, namun kami sudah menyiapkan produk di atasnya,” ujar Buchner.

Demi memenuhi kebutuhan yang lebih banyak itu, Mercedes-Benz dipastikan melakukan penambahan varian versi 18 ton dan 25 ton. Penampilan akan berdasarkan permintaan, misalnya body dengan pendingin, dry box, atau kendaraan sasis saja.

Urban eTruck memang menggoda. Selain tampangnya yang mencerminkan masa depan, tentu saja tidak membuat polusi udara dan tak pakai bahan bakar. Emisi nol, jarak tempuh bisa mencapai 200 km sekali isi baterai. Beban muatan maksimal 12,8 ton untuk model saat ini.

Produksi pertama akan dikirimkan ke konsumen di Jerman, lalu disebar ke Eropa akhir tahun ini, dengan periode pemenuhan pesanan sampai 12 bulan.

Divisi truk Daimler juga akan meluncurkan truk ringan elektrik Fuso eCanter sebagai model global , tahun ini juga. Hitungan kasarnya, hanya berjumlah 150 unit untuk konsumen di Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com