Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Pembaca Gestur Pengemudi di Kabin Mobil

Kompas.com - 16/02/2017, 17:00 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tel Aviv, KompasOtomotif – Perusahaan Israel, eyeSight Technologies, mengumumkan produk berteknologi tinggi mereka untuk mobil, di mana diklaim bisa meningkatkan keamanan dalam berkendara. Perangkat ini bakal memantau pergerakan dari driver.

Mengutip Autoguuide, Kamis (16/2/2017), fitur ini didukung oleh sensor monokrom inframerah yang bekerja dalam berbagai kondisi cahaya, entah itu ketika diterangi matahari langsung sampai pada kondisi gelap. Sensor tersebut bisa mendeteksi apakah pengemudi mengalami gangguan atau bahkan mengantuk.

Semua itu bisa dibaca, melalui posisi kepala, keterbukaan kelopak mata dan lokasi iris. Informasi ini kemudian diteruskan kepada kendaraan, sehingga sistem elektronik mobil bisa mengambil langkah-langkah proaktif untuk meningkatkan keselamatan.

Terlepas dari sistem keamanan, teknologi ini juga bisa mengenali pengemudi melalui analisis wajah, dengan hanya duduk di duduk di kursi pengemudi, dan sensor kemudian tahu siapa mereka. Dengan mengidentifikasi orang di kursi kapten, kendaraan dapat secara otomatis menyesuaikan pengalaman berkendara dengan menyesuaikan kursi, pengaturan suhu yang diinginkan, atau bahkan memilih musik yang disukai.

Teknologi baru eyeSight ini juga berpotensi untuk menyederhanakan tugas, dan mengurangi kemungkinan pengemudi tidak melihat ke arah depan, karena berinterkasi dengan control fisik pada kendaraan (mengganti saluran radio, volume, dan lainnya), sehingga bakal menigkatkan keselamatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com