Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benar Perawatan Ertiga Diesel Hybrid Murah ?

Kompas.com - 15/02/2017, 06:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Pasar low MPV makin ramai dengan kehadiran Suzuki Ertiga Diesel Hybrid di Indonesia. Mobil "sejuta umat" yang diklaim irit bahan bakar dibandingkan versi bensinnya ini resmi dipasarkan dengan harga Rp 219,5 juta on the road Jakarta.

Lantas bagaimana dengan biaya perawatannya ? Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel, menjelaskan perawatan mesin bensin tidak jauh beda dengan varian bensin.

"Pada akhirnya soal perawatan akan sama dengan bensin. Karena mesin diesel dan bensin tetap ada plus minusnya," ucap Harold di Bogor, pekan lalu.

Stanly/KompasOtomotif Mesin diesel Ertiga 1.300 cc

Misalnya, lanjut Harold, di diesel tidak ada busi, sedangkan bensin ada. Sebaliknya, di mesin bensin tidak ada filter khusus untuk air seperti pada kendaraan diesel.

"Diesel itu punya saringan khusus, hal ini lebih terkait ke sisi pemakaian bahan bakar dari nanti. Kalau pakai Solar biasa otomatis jangka waktu pergantian filter akan lebih cepat dari yang bahan bakar yang sudah kami anjurkan," papar Harold.

Sedangkan untuk aki yang menjadi jantung dari teknologi hibrida dinilai tidak begitu memakan banyak biaya. Selain karena masa kerja yang diklaim bisa sampai dua tahun, perawatannya pun cukup mudah.

Stanly/KompasOtomotif Aki 70Ah Ertiga Diesel Hybrid

"Untuk aki perawatannya sama saja, lihat kadar cairannya, rajin dipanasin saat pagi hari, terutama untuk mobil yang jarang digunakan," kata Harold.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com