Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup PSA Bakal Beli Opel dari GM

Kompas.com - 15/02/2017, 06:05 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Russelsheim, KompasOtomotif – Perusahaan asal Amerika General Motors (GM), sedang dalam negosiasi penjualan unit operasi bisnisnya di Eropa, termasuk merek Opel dan Vauxhall, dengan raksasa otomotif Perancis PSA Group (produsen Peugeot dan Citroen).

Mengutip Carscoops dan Reuters, Selasa (14/2/2017) kedua merek sudah mengonfirmasi terkait pembicaraan ke arah akuisisi tersebut. General Motor bakal memilih untuk fokus di pasar Amerika dan China.

"Grup PSA bersama-sama dengan General Motors, sedang menjajaki berbagai inisiatif strategis, yang bertujuan untuk meningkatkan profitabilitas dan efisiensi operasional, termasuk potensi akuisisi Opel," tulis pihak PSA dalam siaran resminya.

Dari laporan yang sempat diinformasikan, kalau keputusan terkait kesepakatan merger, antara PSA dan Opel, akan diumumkan dalam beberapa hari lagi. Sebelumnya GM dan PSA sudah pernah bekerja sama, ketika berbagi platform commercial van dan model SUV, serta kerjasama lanjutan dari itu menuju merger, gagal pada 2013.

Penggabungan Opel dengan PSA Peugeot, Citroen dan DS Automobiles, akan membuat mereka menjadi grup otomtoif terbesar kedua di Eropa setelah Volkswagen, dengan penguasaan pasar sekitar 16,3 persen dari seluruh penjualan mobil di Eropa.

Jika akuisis mencapai kesepakatan, maka GM akan keluar dari Eropa dengan bersih, persis seperti yang mereka inginkan, terutama setelah keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa, di mana cukup memukul keuntungan mereka. Di lain sisi, PSA melihat pengambilalihan ini sebagai kesempatan yang baik, untuk menjadi lebih besar dan mengambil keuntungan dari engineering Opel.

GM telah berulang kali gagal membuat Opel meraih keuntungan, bahkan setelah penutupan pabrik Opel di Belgia dan Jerman, serta menarik merek Saab dan Chevrolet dari penjualan. Terakhir kali Opel dan Vauxhall mencatat laba bersih, yaitu pada 1999.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com