Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xenia dan Livina Bekas Mulai Hilang Pamor

Kompas.com - 14/02/2017, 13:58 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Memasuki tahun 2017, penjualan mobil bekas (mobkas) rupanya masih cukup tenang. Artinya tidak banyak perubahan serta peningkatan dibandingkan tahun 2016 lalu.

Meski masih mengidolakan penjualan di segmen MPV "sejuta umat", tapi ternyata tidak semua low MPV kini memiliki pasaran yang bagus. Beberapa pedagang mengatakan bawah, Daihatsu Xenia dan Nissan Grand Livina sudah mulai ditinggalkan konsumen.

"Xenia pasarnya droop. Kalau diadu antara Avanza dan Xenia orang lebih pilih Avanza, faktornya karena Avanza punya kapasitas mesin lebih besar," ucap Teddy salah satu pemilik showroom mobkas di MGK kepada KompasOtomotif, Selasa (14/2/2017).

Biasanya, lanjut Teddy, konsumen cari mobkas dengan transmisi otomatis. Bila pilihannya antara Avanza dan Xenia, kecenderungannya lebih besar ke Avanza dengan anggapan lebih nyaman karena cc besar.

"Harga tetap mengacu pada kondisi, tahun, dan tipe. Untuk Avanza model baru pasarnya masih lumayan tinggi, versi Veloznya antara Rp 175 jutaan, kalau model 2014 dan 2015 bisa diangka Rp 150 jutaan," kata Teddy.

Stanly/Otomania Harga Mobkas dari end user lebih mahal.

Budiyanto dari showroom mobkas Anugerah Mobilindo juga mengatakan hal senada. Menurutnya, selain Xenia, Nissan Livina pun cukup sulit untuk dijual karena bersaing dengan Honda Mobilio.

"Pembeli Livina bekas lebih ke atah images, mereka yang mau produk di luar dari Toyota dan Avanza. Tapi pasarnya memang susah, karena kalau melihat dari kebutuhan keluarga orang lebih pilih Mobilio, kabin lebih luas harga jual juga lebih stabil," ucap Budiyanto di waktu yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com