Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Comeback” ke Reli Dunia, Toyota Gebuk Ford dan Hyundai

Kompas.com - 13/02/2017, 18:43 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber autoweek

Stockholm, KompasOtomotif –  Toyota akhirnya merebut kemenangan perdana setelah memutuskan cabut dari World Rally Championship (WRC) pada 1999 silam. Comeback manis itu dipersembahkan oleh pebalap Finlandia Jari-Matti Latvala dalam Reli Swedia WRC balapan kedua, Minggu (12/2/2017).

Bahkan kini Latvala memimpin klasemen di atas duet pebalap Ford, yakni Sebastien Ogier dan Ott Tanak yang membalap dengan Ford Fiesta. Kembalinya Toyota dengan Yaris memang ditunggu banyak kalangan, dan inilah pembuktian yang dinanti.

Buat Latvala, kemenangan ini membuktikan bahwa tanpa Volkswagen yang memutuskan cabut dari WRC mulai tahun ini, dia masih bertaji. Kemenangan ini pun jadi makin emosional, karena membawa merek yang ingin bangkit.

”Sangat menyenangkan. Tim baru, mobil baru, dan balapan kedua kami menang. Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkannya, karena saat ini menjadi momen emosional. Kami ada di level yang baik, dan kami harus terus melaju karena akan semakin sulit,” kata Latvala.

Tahun ini, WRC juga masih diikuti oleh Hyundai Motorsport yang diperkuat juga oleh Thierry Neuville dan Dani Sordo dengan Hyundai i20.

Era baru WRC ini akan menantang pebalap dan mobil melaju di lokasi dengan temperatur tinggi dan jalanan lebih ekstrem untuk pertama kalinya. Bulan depan, balapan akan digelar dengan nama Rally Guanajuato, yang berlangsung di Meksiko, 9 - 12 Maret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber autoweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com