Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Scanter "Ajeb-ajeb" dari Kuningan

Kompas.com - 13/02/2017, 13:32 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Bukan cuma mobil yang bisa eksis dengan tampilan modifikasi. Truk ringan atau light duty truck (LDT) juga bisa diubah menjadi kendaraan niaga yang tak kalah menarik bila disejajarkan dengan mobil custom.

Bila tidak percaya, silakan lirik karya modifikasi Mitsubishi Fuso Colt Diesel FE 74 HD yang digarap oleh Jerry Sujari dari PT Bukit Jaya Mandiri (BJM), Kuningan, Jawa Barat, ini.

Mengedepankan tema elegan, truk yang akrab disapa "kepala kuning" ini kini lebih tenar dengan panggilan Scanter.

"Namanya kami pangil Scanter. Kenapa? karena modelnya ala Scania, tetapi seluruhnya masih Canter. Total modifikasi kalau dari awal itu habis Rp 300 jutaan, kami ubah tetapi tidak menghilangkan fungsinya," ucap Jerry kepada wartawan di Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Full SQL

Pengerjaan, kata Jerry, lebih kurang hampir memakan waktu satu tahun hingga benar-benar sempurna. Bagian tersulit ada di sektor interior, yang terpaksa di bobok ulang untuk menerapkan konsep elegan serta memasang perangkat audio.

Stanly/KompasOtomotif Nuansa interior dibuat lebih elegan

Konsep elegan memang diterapkan Jerry pada sisi interior. Dengan dimensi yang minim, Jerry bersama timnya mencoba untuk memaksimalkan ruang sempit pada Colt Diesel Canter.

Kedua jok sampai dasbor dibalut ulang dengan menggunakan warna kulit yang senada dengan cat bodi. Agar kesan elegan lebih tampil, diberikan sedikit warna hitam plus mini bartender yang diletakkan tepat di tengah antara jok pengendara dan penumpang.

Pemasangan sistem hiburan menjadi pengerjaan yang benar-benar menyita waktu. Pasalnya, dek atas kabin wajib dibongkar habis untuk membenamkan semua perangkat audio dan juga empat buah LCD di tengah pilar A. Tidak tanggung-tanggung, agar bisa "jedak-jeduk", konsep audio langsung mengarah ke sound quality loud (SQL) yang mengutamakan tingkat kekerasan suara.

Stanly/KompasOtomotif Audio SQL Colt Diesel Full Venom

Tidak heran bila Jerry membenamkan full audio keluaran Venom, plus subwoofer 10 inci sebanyak dua buah. Suara tengah atau middle range menggunakan Rockford 3,5 inci. Hasilnya, sudah bisa dibayangkan sendiri suaranya.

Truk ini pun sudah menunjukkan prestasinya dengan membawa delapan piala, bahkan terpilih sebagai juara umum saat Kontes Akbar Modifikasi Truk (KAMT) 2016 lalu di Yogyakarta.

Transformer

Puas dengan sektor kabin, giliran mengupas sedikit tampilan eksteriornya. Menurut Jerry, konsep luar lebih mengikuti tren umum, yakni film robot Transformer asal Amerika.

Stanly/KompasOtomotif Modifikasi Colt Diesel Transformer

Secara keseluruhan memang tidak banyak yang diubah. Jerry lebih mengandalkaan permainan simpel yang mengandalkan sistem hidrolik untuk membuka beberapa bagian kendaraan, mulai dari cover depan hingga sektor samping yang biasanya menjadi penutup tempat aki dan tangki bensin.

Stanly/KompasOtomotif Modifikasi Colt Diesel

"Konsepnya Transformer, tetapi kami sematkan stiker pesona Indonesia dengan tema pariwisata. Kalau untuk Scanter ini memang tidak kami pakai harian, hanya jadi display di showroom kami saja," kata Jerry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com