Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemain Ban Premium Ogah Main Motor Kecil

Kompas.com - 10/02/2017, 17:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kebanyakan merek-merek ban luar negeri yang sering dipakai di ajang balap kelas dunia enggan mengusik area sepeda motor berkapasitas kecil. Dunlop salah satunya, yang menempatkan segmen ban-ban ukuran kecil sebagai ”pelengkap yang tidak lengkap”.

Bukannya tidak ada sama sekali, namun segmen ini bukanlah pilihan utama buat merek yang berada di bawah bendera PT Sumi Rubber Indonesia (Surindo) itu. Beberapa ukuran untuk skuter matik 125 cc dan 150 cc tersedia, meski tidak banyak pilihan. Di bawah itu, no way.

”Padahal, di dunia, kami adalah penyuplai ban motor nomor satu. Kalau di Indonesia, terbatas dengan kapasitas produksi. Lagipula, harga jual motor tidak sebanding dengan teknologi yang sudah kami kembangkan,” ujar Hendra Himawan, GM Sales Planning & Adminstration Surindo, (8/2/2017).

Dijelaskan bahwa perusahaan tidak mau menurunkan kualitas ban untuk menemui harga yang sebanding. JIka hal ini dipaksakan, menurut Hendra, taruhannya adalah brand image yang sudah susah payah dibangun, dan ini sama sekali tak disetujui prinsipal.

Kendati demikian, di segmen tertentu, Hendra mengklaim bahwa Dunlop kuat di segmen motocross atau motor adventure.

”Kami melihat dari sisi produksi, sisi ekonomis, tidak mungkin untuk kami produksi. Sayang juga tidak masuk di segmen yang gemuk, tapi memang ada kebijakan yang harus dipertahankan,” kata Hendra.

Pemain ban kelas premium yang mulai intens pada ukuran-ukuran kecil adalah Michelin. Lainnya, masih ada Bridgestone dan Pirelli yang tetap fokus menyediakan ban untuk motor-motor berkapasitas di atas 250 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com