Sabtu, 25 Maret 2017

Otomotif

Dunlop Pamer Ban yang Bisa Irit BBM

Donny A/KompasOtomotif Dunlop Enasave EC300 kini mulai menyasar pasar ritel atau pengganti disiapkan dalam berbagai ukuran.


Sentul, KompasOtomotif
- PT Sumi Rubber Indonesia (Sumindo), produsen ban merek Dunlop, mulai berani menyosialisasikan teknologi ban ramah lingkungan (eco tyre), Enasave EC300+. Tak hanya pamer teknologi, merek ini juga mendemonstrasikan keunggulan dibanding merek lain sejenis.

Sebenarnya eco tyre buat Dunlop bukanlah hal baru. Sumindo sudah mulai memasarkannya sejak 2 tahun lalu dengan tipe Enasave 300, menyusul 300+ untuk OEM (ban orisinal pabrikan) mulai 2016. Namun, Maret tahun ini, Sumindo bakal memasarkan untuk pasar replacement dengan range ukuran lebih banyak.

"Dalam pengembangannya, produk yang juga menjadi pilihan ban orisinal oleh banyak pabrikan di Jepang ini telah disesuaikan dengan kebutuhan mobil-mobil berukuran sedang yang menjadi pilihan konsumen otomotif Tanah Air. Tentunya juga dengan nilai keselamatan yang tinggi,” ujar Bambang Hermanuhadi, Manajer Training Sumindo, Rabu (8/2/2017), di Sirkuit Sentul, Bogor.

Pengembangan yang dilakukan oleh Dunlop terhadap Enasave EC300+ memberikan banyak keunggulan di beberapa sektor, salah satunya adalah kenyamanan.

Desain pola telapak baru mengurangi volume alur melintang, diklaim mereduksi kebisingan dibandingkan produk sebelumnya. Selain itu, desain profil telapak yang membulat juga mampu menyerap kejutan dari permukaan jalan dengan lebih baik.

Soal umur pakai, Dunlop Enasave EC300+ juga dikatakan mampu meraih jarak tempuh 10 persen lebih panjang dibandingkan ban sebelumnya. Hal ini membuktikan daya tahan ban terhadap tingkat keausan yang semakin baik berkat optimalisasi kontak telapak dan tekanan kontak.

Sementara keunggulan dalam memangkas konsumsi bahan bakar didapat berkat hambatan gulir (rolling resistance) yang lebih rendah hingga 10 persen dibandingkan produk sebelumnya.

Ban Dunlop Enasave EC300+ tersedia dalam berbagai ukuran seperti yang sudah terpasang sebagai ban Original Equipment (OE), juga dikembangkan ukuran lainnya untuk berbagai model mobil ukuran sedang.

Penulis: Donny Apriliananda
Editor : Agung Kurniawan
TAG: