Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ertiga Diesel Hibrida Anti Minum Solar Biasa

Kompas.com - 08/02/2017, 10:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Bogor, KompasOtomotif - Ertiga Diesel Hybrid resmi meramaikan pasar low MPV di Tanah Air, Selasa (7/2/2017). Meski memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil, yakni 1.300 cc, tapi konsumsi bahan bakar tidak boleh sembarangan.

Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel, menjelaskan untuk jenis bahan bakar yang direkomendasikan adalah dengan cetane number 51.

"Untuk menjaga performa serta mendapatkan hasil optimal, kami sarankan menggunakan cetane number 51 atau setara konsentrasi itu," ucap Harold di Bogor, Selasa (7/2/2017).

Bila melihat dari spesifikasi bahan bakar, angka tersebut merujuk pada jenis Solar baru Pertamina, yakni Dexlite. Tapi akan lebih baik lagi bila mengkonsumsi Pertamina Dex dengan cetane yang lebih tinggi, yakni 53.

Febri Ardhani/Otomania Suzuki Ertiga Diesel lebih irit bahan bakar

Marketing Director SIS Donny Saputra, ikut menambahkan bahwa penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai apa yang direkomendasikan bisa membuat garansi kendaraan gugur.

"Lebih baik gunakan Pertamina Dex, kalau kita lihat produk BBM Solar yang paling baik masih itu. Hal ini juga berpengaruh pada cakupan waranty yang kami berikan ke konsumen," ucap Donny di kesempatan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com