Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eksplorasi "Gesture Control" Dalam Kabin BMW Seri 7

Kompas.com - 07/02/2017, 08:23 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifBMW menanamkan salah satu teknologi mahal pada Seri 7 terbaru, yakni Gesture Control. Seharusnya, tangan penumpang lebih aktif dengan adanya fitur ini untuk melakukan berbagai gerakan sebagai bentuk perintah dalam hal tertentu.

BMW membawa teknologi pengenalan gestur itu bersama iDrive 5.0, yang diklaim lebih canggih, intuitif, hingga mempermudah pengemudi melakukan berbagai keinginan tanpa hilang konsentrasi. Fitur ini sebenarnya sudah pernah ada pada beberapa mobil Toyota, mulai dari Yaris, Innova, sampai Fortuner.

Produsen mobil asal Jerman itu menyatakan bahwa gerakan tangan bisa dibaca karena adanya sensor 3D. Pada kesempatan Luxurious Journey beberapa media ke Cirebon-Bandung-Jakarta, KompasOtomotif merasa perlu coba-coba mengaktifkan berbagai perintah lewat gerakan tangan.

Syarat agar gerakan tangan kita terbaca, gerakan harus sejajar dengan layar dan berada di bawah sensor. Cukup gerakkan tangan dengan santai, tidak perlu terlalu dekat, dan siku diletakkan pada konsol tengah (arm rest).

Gestur aktif yang tersedia akan ditampilkan pada layar, membantu pengemudi atau penumpang menggunakannya. Sebagai tambahan, sistem ini langsung memberikan respons audio dan visual terhadap gestur yang diberikan.

Perintah dengan gerakan tangan itu masih terbatas, tapi sudah cukup canggih untuk membuat BMW Seri 7 berada pada level di atas kompetitor. Apa saja? Simak hasil uji coba KompasOtomotif berikut ini:

1. Menaikkan dan menurunkan volume musik. Gunakan jari telunjuk, hadapkan ke monitor, lalu lakukan gerakan memutar. Putat ke kanan untuk menaikkan volume, ke kiri untuk menurunkan. Butuh beberapa saat untuk sensor membaca. Kadang saat tangan digerakkan, sensor tidak membaca. Posisi tangan dan gerakan harus tepat.

2. Saat ponsel terkoneksi dengan Bluetooth, lalu ada panggilan masuk, kita bisa menerima telepon hanya dengan menunjuk ke layar. Gerakkan tangan ke kiri atau kanan jika tak mau menolak panggilan.

3. Setel konfigurasi dengan menggeser dua jari (telunjuk dan jari tengah) ke bawah, atau dengan gerakan menusuk. Ada banyak fungsi yang bisa diaktifkan, mulai dari masuk ke menu-menu, mengaktifkan petunjuk ke alamat tujuan, sampai mengaktifkan mute atau unmute.

4. Memutar tampilan kamera. Saat mobil berjalan mundur atau menampilkan panoramic view, ada perintah tangan dengan gerakan mencubit. Lalu, gerakkan tangan ke kiri atau kanan untuk melihat sisi mobil dengan kamera 360 derajatnya. Ini akan membantu pengemudi memastikan situasi di sekitar mobil aman, termasuk saat akan parkir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com