Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Ertiga Diesel di Mata Pedagang Mobkas

Kompas.com - 06/02/2017, 15:23 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Sesaat lagi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi memasarkan Ertiga diesel hibrida di Indonesia. Bermain di segmen MPV kelas bawah, Ertiga akan jadi satu-satunya yang punya mesin diesel menggantikan Chevrolet Spin yang sudah tidak dipasarkan lagi.

Meski jadi pilihan menarik, tapi beberapa pebisnis mobil bekas (mobkas) justru punya pandangan berbeda, terutama saat nantinya sudah masuk ke pasar mobkas.

Teddy, pemilik diler mobkas Teddy Jaya Motor di MGK-Kemayoran, mengatakan secara teknologi kehadiran Eritga diesel hibrida memang bagus, tapi akan berat dari sisi kepemilikan nantinya.

"Kenyataannya harga diesel lebih mahal dari bensin, pasti juga berpengaruh pada purna jual nantinya. Kalau dilihat dari segmen memang banyak yang cari mobil diesel, tapi lebih ke kelas atas, seperti Fortuner, Innova, atau Pajero, jarang yang di kelas bawah, apalagi mesin 1.300 cc," ucap Teddy kepada KompasOtomotif di MGK, Senin (6/2/2017).

Secara peluang, lanjut Teddy, memang cukup bagus tapi yang harus diperhatikan adalah sisi jangka panjangnya. Suzuki baru pertama main mobil diesel di segmen MPV murah, Ertiga bensin yang ada saat ini pun tidak begitu bagus penjualannya mobkasnya.

otomania Spy Shot Suzuki Ertiga Diesel Hibrida

Budiyanto pemilik Anugrah Mobilindo Perkasa juga mengatakan hal serupa. Meski sangat menarik, tapi bila beda harganya tinggi kemungkinan konsumen akan beralih ke model lain, apalagi saat ini kompetitor di kelas low MPV cukup beragam.

"Memang belum bisa diprediksi, tapi kalau melihat dari kisah Chevrolet Spin dulu kemungkinan tidak jauh berbeda, apalagi pilihan transmisi hanya manual saja. Untuk pengguna dalam kota sudah sulit jual mobil manual, baru dan bekas sama saja situasinya," kata Budiyanto di waktu yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com