Toyota Jepang Resmi Beli 1 Persen Saham TAM - Kompas.com

Toyota Jepang Resmi Beli 1 Persen Saham TAM

Kompas.com - 02/02/2017, 08:02 WIB
Febri Ardani/KompasOtomotif Direksi Toyota Astra Motor dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia saat peluncuran generasi terbaru Kijang Innova.


Jakarta, KompasOtomotif
Toyota Motor Corporation (TMC) sebagai induk bisnis PT Toyota Astra Motor (TAM), resmi membeli satu persen saham perusahaan dari PT Astra International Tbk (Grup Astra), Januari 2017. Lewat akuisisi ini maka komposisi presentase saham Grup Astra dan TMC yang semula 51 : 49, kini menjadi terbagi rata 50:50.

Pembelian saham dilakukan TMC kepada Jardine Cycle & Carriage selaku pemilik utama saham Grup Astra yang berbasis di Singapura.

Dari berbagai informasi yang dihimpun tim KompasOtomotif, pembelian saham ini dilakukan demi harmonisasi kedua perusahaan menghadapi persaingan pasar otomotif yang semakin ketat di Indonesia. “Dengan begini mudah-mudahan konsolidasi kedua pihak jadi mencair,” kata sumber internal perusahaan, belum lama ini.

Lewat akuisisi ini, TMC juga mendapat hak “prerogratif” untuk menentukan siapa dibalik pucuk jabatan, Presiden Direktur. Sedangkan Grup Astra punya jatah menaruh calon terbaiknya sebagai Wakil Presiden Direktur Eksekutif. Lewat komposisi saham baru, jabatan Wakil Presdir juga punya tanggung jawab dan beban yang sama seperti Presdir.

Komposisi serupa sebenarnya juga terjadi pada salah satu anak perusahaan Grup Astra lain, yakni PT Astra Honda Motor. Di mana, komposisi kepemilikan saham antara prinsipal-Honda Motor Company (Jepang)- dengan Grup Astra, terbagi rata 50:50.

Sampai saat ini, TAM masih dipimpin Hiroyuki Fukui sebagai Presiden Direktur atas pilihan Grup Astra (dengan penguasaan saham 51 persen) dan Henry Tanoto selaku Wakil Presiden Direktur (pilihan TMC). Lewat akuisisi ini, dipastikan bakal ada perubahan susunan direksi perusahaan dalam waktu dekat.

Belum ada informasi lanjutan, berapa nilai 1 persen akuisisi saham TAM yang dilakukan TMC. KompasOtomotif sudah mencoba konfirmasi kepada Presiden Direktur Grup Astra Prijono Sugiarto, tetapi sampai berita ini diturunkan, belum ada tanggapan.

Pengumuman pengalihan komposisi saham PT TAM ini akan disampaikan pada RUPS Grup Astra yang biasanya berlangsung Maret 2017 mendatang.

EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X